Siapa tak tahu YouTube? Platform video terbesar di internet ini hingga kini telah menampung beragam video aneka jenis di dalamnya. Dari YouTube juga telah lahir banyak superstar dengan banyak penggemar, berkat platform berbagi videonya tersebut.

Untuk mewadahi pertemuan antara superstar YouTube dengan penggemarnya secara langsung, maka Google selaku induk dari YouTube pun menghadirkan acara YouTube Fan Fest (YTFF). Setelah malang melintang di berbagai negara sejak diluncurkan pada tahun 2013 di Singapura, akhirnya untuk pertama kali acara ini hadir di Indonesia.

Jumat (23/10) lalu, bertempat di Skeeno Hall & Sheraton Ballroom, Gandaria City, Jakarta, YTFF Indonesia 2015 digelar, dan mengundang animo begitu besar dari penonton YouTube. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya tagar #BringYouTubersToJakarta berseliweran di jagat YouTube.

Edisi perdana YTFF ini sukses menghadirkan 3000 audiens yang memesan tiketnya melalui situs www.youtubefanfest.com/id. Tiket langsung ludes hanya dalam waktu lima menit.

Acara tersebut diisi dengan penampilan dari YouTubers internasional seperti Bethany Mota, Kurt Schneider, Sam Tsui, Mike Tompkins, hingga Macy Kate. Mereka tampil di atas panggung dengan diiringi histeria dari penonton yang didominasi usia remaja.

Bukan hanya pertunjukan, ada pula acara jumpa penggemar dan bincang-bincang yang dilakukan sebelum konsernya berlangsung. Para superstar YouTube ini berbagi cerita dan pengalaman mereka, tentang kesuksesan meniti karier melalui video channel tersebut.

Tak hanya YouTubers internasional, YTFF Indonesia 2015 juga tentunya diisi oleh penampilan YouTubers Indonesia. Sebut saja komunitas Indovidgram, Eka Gustiwana, Skinny Indonesian 24, Edho Zell hingga GAC (Gamaliel Audrey Cantika). Histeria penonton juga tidak kalah heboh saat deretan YouTubers Indonesia ini tampil, terutama saat kolaborasi mereka terjadi di panggung.

Menurut Head of Communications Consumer & YouTube Indonesia, Putri Silalahi, Indonesia mempunyai peningkatan yang pesat dalam hal konten dan viewers-nya. Hal ini disampaikannya pada konferensi pers sebelum acara YTFF dimulai.

“Saat ini durasi orang di Indonesia menonton di YouTube tumbuh 130 persen dari kuartal III 2014 ke kuartal IV 2015. Selain itu, jumlah konten yang diunggah meningkat sebanyak 600 persen,” ujarnya.

Dengan konten sebanyak itu, Putri mengungkapkan optimismenya akan pertumbuhan YouTube di Indonesia ke depan. “Kami tidak hanya ingin mengajak penonton sekadar menonton, tetapi juga turut berpartisipasi dengan terus menjadi kreator dan mengunggah video ke YouTube,” jelas Putri. (MTP)

This slideshow requires JavaScript.