XYZ Day, konferensi dan malam penghargaan lintas generasi yang diadakan di The Hall, Senayan City, Jakarta (25/4) menghadirkan sejumlah pembicara ternama seperti Najwa Shihab, Raditya Dika, Ernest Prakasa, Ria Ricis, Deddy Corbuzier, Saaih Halilintar, Hanggini, David Suwarto, Lala Timothy, Clarice Cutie, dan masih banyak lagi.

Mengangkat tema besar “How to Win XYZ Generations Through Digital Content”, konferensi persembahan KapanLagi Youniverse (KLY) ini memberikan insight mengenai dunia konten dan media dari semua generasi. Bukan saja generasi millenials atau yang biasa disebut dengan Generasi Y, tetapi juga akan mengulik mengenai generasi X dan Z.

“Fenomena content creators sebagai key opinion leader terpercaya menjadi tren di dunia digital. Menyadari hal ini, Kapanlagi Youniverse (KLY) menghadirkan acara XYZ Day dengan harapan bisa memberikan inspirasi tentang bagaimana kita harus berinteraksi, berkomunikasi dan melebur bersama tren yang disukai oleh generasi X,Y dan Z”, ungkap Steve Christian, CEO dari Kapanlagi Youniverse.

XYZ 2018 (7)

Acara ini dibagi menjadi 6 sesi yang diisi oleh para kreator dan inspirator. Najwa Shihab mengisi sesi pada acara ini dengan topik “Netizen, Network, Najwa”. Sementara Ria Ricis dalam topik sesi “Something about Ricis”, Deddy Corbuzier mengulik dan membahas semua hal mengenai Ria Ricis.

XYZ 2018 (2)

Semakin banyaknya pilihan konten dan platform yang disajikan ke publik, semakin besar pula peluang untuk berkarya. Namun, semakin kuat juga persaingan di dalamnya. David Suwarto sebagai Deputy Director Programming SCTV, Ernest Prakasa seorang film maker dan Lenggogeni Faruk sebagai ibu dari keluarga Halilintar memberikan pandangan mendalam mengenai strategi dalam membuka peluang bisnis untuk karya mereka di era digital, dengan topik “The Hitmaker in Multiple Platform”. Clarice Cutie, Saaih Halilintar dan Hanggini dari generasi Z hadir sebagai narasumber pada sesi “Keeping Up with The Generation Z”.

XYZ 2018 (3)

Demam sosok Dilan yang melanda semua generasi dan Wiro Sableng sebagai film lokal yang bekerja sama dengan produksi Hollywood, 20th Century Fox, menjadi sorotan dalam industri film Indonesia saat ini. Pada Sesi “Unboxing the Box Office”, Ody Mulya (Produser Film Dilan), Pidi Baiq (Penulis Buku dan Film Dilan), Lala Timothy (Produser Film Wiro Sableng) dan Angga Dwimas Sasongko (Produser dan Sutradara Film Wiro Sableng) mengupas bagaimana tangan dingin produser menciptakan konten yang mampu menembus box office.

Raditya Dika, tidak pernah berhenti berevolusi. Dimulai dari menjadi seorang blogger, penulis buku komedi, menyutradarai sekaligus membintangi film yang menjadi box office, sampai dengan menjadi youtuber pertama di Indonesia yang memiliki 1 juta subscribers menjadi sederetan prestasi yang terus didapatkannya. “Comedy is a Funny Business”, membahas bagaimana Dika berhasil di seluruh lini yang digelutinya terutama di bidang komedi.

XYZ Day Creator Award menjadi penutup rangkaian acara XYZ Day 2018. Ini merupakan malam penghargaan dan apresiasi untuk para content creators dan konten-konten digital terbaik yang telah dihasilkan sepanjang tahun 2017. Berikut ini nominasi dan pemenang XYZ Day Creator Award yang terbagi menjadi 8 kategori:

  • Lifestyle

Nominasi : Arief Muhammad, Ria Sukma Widjaya, Jennifer Bachdim, Gen Halilintar (Pemenang : Arief Muhammad)

  • Fashion & Beauty

Nominasi : Rachel Goddard, Hanggini, Abel Cantika, Tasya Farasya (Pemenang: Tasya Farasya)

  • Comedy

Nominasi : Edhozell, Tim2One, Bayu Skak, Yoga Arizona (Pemenang: Tim2One)

  • Art

Nominasi : Tahilalats, Pinot, Diera Bachir, Aulion (Pemenang: Aulion)

  • Music

Nominasi : Sheryl S ft Rizky F & Chandra Liow – Sweet Talk, Rich Brian – Glow Like Dat, J Flow – De Nada ft Jeia & Denada, Salshabilla – Malaikat Baik (Pemenang: Sheryl S ft Rizky F & Chandra Liow – Sweet Talk)

  • Gaming

Nominasi : Jess No Limit, Kelvin Gaming, Reza Oktovian, Miawaug (Pemenang: Reza  Oktovian)

  • Branded Video Content of The Year

Nominasi : Indoeskrim – Kisah Legenda Nusantara, Sore – Istri Dari Masa Depan ep #9, Tim2One – Keripik Paling Enak di Dunia (Pemenang : Sore – Istri Dari Masa Depan ep #9)

  • Creator of The Year

Nominasi : Ria Ricis, Chandra Liow, Atta Halilintar, Kaesang (Pemenang : Chandra Liow)

 

Para nominasi dipilih oleh tim panel juri yang terdiri dari Raditya Dika, Indra Yudhistira, Deddy Corbuzier, Desy Bachir dan Ben Soebiakto. Sedangkan pemenang dari masing-masing nominasi dipilih berdasarkan voting yang telah dilakukan di www.xzyday.id dan diverifikasi oleh auditor. Malam penghargaan bagi content creator dipandu oleh Duo “Skinny Indonesian 24” dan dihibur oleh penampilan dari Clarice Cutie, Kunto Aji, Barasuara dan Dipha Barus. (AR)

Foto: dok.KLY