Oleh: Kartika Wirjoatmodjo

Aura positif penuh optimisme dalam menyongsong masa depan, itulah spirit yang terpancar pada wirausaha muda Indonesia yang kreatif dan inovatif. Mereka adalah penggerak roda ekonomi bangsa.

Kendati situasi perekonomian global masih melemah, namun perekonomian nasional masih terus berkembang pesat. Hal ini salah satunya didorong geliat bisnis para wirausaha muda Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Mereka ikut menggerakkan roda ekonomi bangsa di sektor usaha kecil menengah dan mikro (UKM) sehingga sektor ini tumbuh bergairah.

Kiprah wirausaha muda ini tidak bisa dibilang biasa, mereka bahkan sangat luar biasa. Lapangan-lapangan kerja baru lahir dari pemikiran kreatif para pebisnis muda. Alhasil, mereka kini mengambil posisi penting sebagai problem solver terhadap masalah terbesar bangsa  yakni menekan tingginya angka pengangguran.

Bank Mandiri sangat bangga dan bersyukur bisa menjadi bagian dari lahirnya para wirausaha muda di tanah air. Melalui program Wirausaha Muda Mandiri yang telah berlangsung selama satu dekade. Bank Mandiri telah ikut melahirkan pengusaha muda kreatif, inovatif serta memiliki mental usaha tangguh, agar dapat bersaing bukan hanya dalam skala lokal, tapi juga dalam level internasional.

Sebagai catatan, program Wirausaha Muda Mandiri telah diikuti lebih dari 36 ribu wirausaha muda dari 656 perguruan tinggi di tanah air. Angka tersebut menunjukkan antusiasme yang tinggi dari anak muda termasuk generasi milenial Indonesia yang kreatif, memiliki mental tangguh dan berdaya saing.

Daya juang para wirausaha muda Indonesia tentu menjadi modal besar bagi kita sebagai bangsa dalam melangkah meniti tahun 2018. Tidak ada kata menyerah sebelum sukses. Buang jauh sikap pesimis, kobarkan terus optimisme. Bangsa ini butuh banyak wirausaha muda tangguh, inovatif dan kreatif untuk menggerakkan roda ekonomi masyarakat, sekaligus membawa Indonesia ke tempat terhormat dalam jajaran Negara-negara maju di belahan dunia.

*Tulisan ini disarikan dari hasil wawancara Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri dengan redaksi Hitsss.com