Waskita Beton perkuat komitmen jalankan budaya K3



WSBP melalui Plant Bojonegara telah berhasil ketiga kalinya dalam mewujudkan zero accident di lingkungan kerja, di mana tercatat 4,5 juta jam kerja yang telah dicapai tanpa kecelakaan yang mengakibatkan hilang hari kerja

Jakarta (ANTARA) – PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) kembali berhasil meraih Penghargaan Perusahaan Nihil Kecelakaan Kerja (Zero Accident) dalam Keselamatan & Kesehatan Kerja Tingkat Provinsi Banten Tahun 2022 atas komitmennya menjalankan kepatuhan prosedur Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3).

Penghargaan itu secara tahunan diberikan pemerintah kepada manajemen perusahaan yang berhasil  melaksanakan Program K3 sehingga bisa mencapai nihil kecelakaan.

“WSBP melalui Plant Bojonegara telah berhasil ketiga kalinya dalam mewujudkan zero accident di lingkungan kerja, di mana tercatat 4,5 juta jam kerja yang telah dicapai tanpa kecelakaan yang mengakibatkan hilang hari kerja,” kata Direktur HCM & QHSES PT Waskita Beton Precast Tbk Subkhan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Subkhan mengatakan penghargaan tersebut menjadi motivasi yang baik untuk Plant WSBP lainnya untuk berkomitmen terhadap penerapan budaya K3.

Di masa pandemi, anak usaha Waskita Karya itu juga berkomitmen untuk menjaga kesehatan seluruh pegawainya, antara lain melalui pengecekan kesehatan rutin tes Antigen/PCR, menyediakan fasilitas isolasi mandiri di asrama pusat pelatihan di Karawang, memberlakukan shift WFH/WFO sesuai peraturan pemerintah. 

Baca juga: Pakar: Pelaksanaan K3 masih jadi budaya yang harus terus didorong

“Adanya komitmen yang penuh dari perusahaan menjadikan WSBP melalui Plant Prambon berhasil meraih Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 di tempat kerja pada Kategori Platinum dari Gubernur Jawa Timur,” katanya.

Lebih lanjut, Subkhan mengungkapkan selama ini WSBP selalu memastikan prosedur HSE (Health, Safety, Environment) berjalan dengan baik terutama mengidentifikasi bahaya dan melakukan penilaian risiko pada setiap proses kerja, serta disosialisasikan kepada seluruh pegawai baik di kantor pusat maupun pekerja di lapangan sehingga bisa mengurangi dan mencegah potensi risiko kecelakaan kerja.

WSBP telah meraih berbagai penghargaan di bidang K3 seperti CEO Safety Leadership Award, Safety Innovation Award for Private Contractor, Perusahaan Nihil Kecelakaan Kerja , Sertifikat & Bendera Emas SMK3 dari Kementerian Ketenagakerjaan, hingga WSO Indonesia Safety Culture Award  dari Organisasi Keselamatan Dunia (WSO).

Baca juga: ILO gelar kompetisi tingkatkan budaya K3

Baca juga: Raih sertifikasi bantalan rel, Waskita Beton bidik proyek kereta api

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.