Sandiaga Uno: Tes Pramusim MotoGP tergolong sukses



Acara ini berhasil menjadi buah bibir masyarakat internasional dan kita harus bisa menyempurnakan persiapan untuk ajang pada 18-20 Maret 2022

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menilai pelaksanaan Tes Pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, tergolong sukses serta menjadi pusat perhatian dunia otomotif internasional hingga masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dia memberikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto, dan seluruh pihak yang terlibat atas nama pemerintah karena telah menyiapkan Tes Pramusim ini.

“Acara ini berhasil menjadi buah bibir masyarakat internasional dan kita harus bisa menyempurnakan persiapan untuk ajang pada 18-20 Maret 2022,” ujarnya ketika rapat evaluasi MotoGP 2022 bersama para pemangku kepentingan terkait secara virtual sebagaimana dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa.

Namun, lanjut Sandiaga, terdapat beberapa catatan yang perlu disempurnakan di balik kesuksesan pelaksanaan pramusim agar kesiapan sirkuit sudah sempurna ketika perlombaan (race) berlangsung, termasuk dalam menyambut 100 ribu wisatawan, pembalap, dan official team MotoGP.

Catatan pertama ialah keberadaan konter imigrasi hanya ada empat dari enam yang ada di Bandara Lombok untuk melayani Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), sehingga terjadi penumpukan saat proses kedatangan pembalap dan tim official MotoGP.

“Ini harus ditindaklanjuti dan dievaluasi agar saat hari H (saat perlombaan) nanti bisa ditambah konternya agar arus lalu lintas pendatang bisa berjalan dengan lebih lancar,” katanya.

Kedua, edukasi bagi para seluruh pekerja yang terlibat agar bisa mengikuti prosedur travel bubble dengan baik. Berdasarkan evaluasi, ucap Menparekraf, masih ada yang belum mendapat edukasi dan sosialisasi terkait hal tersebut.

Ketiga, beberapa hotel di Lombok tempat menginap PPLN belum terverifikasi.

“Oleh karena itu, akan ada tim khusus yang akan memverifikasi dan terjun memvalidasi para pengelola hotel agar terhubung langsung dengan Satgas COVID-19 sebagai hotel karantina,” ungkap Sandiaga.

Mengenai kendala pada sirkuit, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dinilai perlu melakukan langkah tepat dan cepat untuk persiapan grand prix pada 18-20 Maret 2022.

Langkah-langkah itu antara lain pembersihan rutin, termasuk pengaspalan kembali atau persiapan-persiapan teknis lainnya dengan penerapan yang melibatkan teknologi dan modifikasi cuaca dari pihak terkait. Kemudian, perlu ada pelatihan dan keterlibatan masyarakat lokal.

“Kami sendiri hadir di tiga pelatihan pengelolaan sarhunta (sarana hunian pariwisata), pengelolaan gerai-gerai ekonomi kreatif dan kuliner. Antusiasme masyarakat khususnya Lombok Tengah dan NTB secara umum sangat tinggi untuk mendukung pelaksanaan event selanjutnya,” sebut dia.

Baca juga: Evaluasi tes pramusim, Sirkuit Mandalika berbenah persiapkan MotoGP

Baca juga: Akan ada jaringan 5G selama MotoGP 2022 Mandalika

Baca juga: Sandiaga Uno: Opsi penambahan akomodasi ajang MotoGP telah disiapkan

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.