Saham Australia menguat didorong meredanya ketegangan Rusia-Ukraina



Pasar saham di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat, menguat setelah Rusia mengatakan telah menarik beberapa pasukannya di dekat perbatasan Ukraina

Sydney (ANTARA) – Saham-saham Australia menguat pada perdagangan Rabu pagi, karena tanda-tanda meredanya ketegangan antara Rusia dan Ukraina memicu sentimen risiko, dengan CSL menjadi salah satu dengan kinerja terbaik setelah perusahaan biofarmasi tersebut mengalahkan perkiraan laba setengah tahun.

Indeks acuan S&P/ASX 200 di Bursa Efek Australia terdongkrak 0,3 persen, menjadi diperdagangkan di 7.225,40 poin pada pukul 23.58 GMT. Indeks acuan ditutup 0,5 persen lebih rendah pada Selasa (15/2/2022).

Pasar saham di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat, menguat setelah Rusia mengatakan telah menarik beberapa pasukannya di dekat perbatasan Ukraina.

Baca juga: Saham Australia berakhir jatuh terseret ekuitas energi dan penambang

Saham CSL Ltd melonjak 8,0 persen setelah laporan pendapatan yang optimis.

Pada sisi negatifnya, saham Fortescue Metals jatuh hingga 4,5 persen setelah penambang bijih besi itu mengatakan laba semester pertama turun hampir sepertiga, dirugikan oleh biaya bahan dan tenaga kerja yang lebih tinggi yang disebabkan oleh pandemi.

Di antara sub-indeks, saham teknologi adalah yang memperoleh keuntungan tertinggi, melonjak lebih dari 2,0 persen. Saham Wisetech Global ditetapkan untuk kenaikan sesi ketiga berturut-turut.

Baca juga: Saham Inggris berbalik menguat, indeks FTSE 100 terangkat 1,03 persen

Saham pertambangan merosot 1,5 persen, mengikuti penurunan harga bijih besi setelah China memperingatkan akan bertindak terhadap penyebaran informasi yang salah tentang harga. BHP Group dan Rio Tinto masing-masing turun 1,3 persen dan 2,5 persen.

Harga emas turun semalam karena meredanya ketegangan geopolitik mengurangi permintaan safe-haven, mendorong saham emas Australia 1,7 persen lebih rendah dengan saham kelas berat Newcrest Mining juga kehilangan 1,7 persen.

Harga minyak merosot karena penarikan pasukan Rusia meredakan kekhawatiran krisis pasokan dari salah satu produsen minyak dan gas terbesar dunia.

Saham-saham energi lokal kehilangan lebih dari 1,0 persen dengan Santos jatuh hingga 3,4 persen setelah mengisyaratkan mungkin tidak membuat keputusan lampu hijau akhir pada proyek minyaknya di Alaska dan Australia pada pertengahan tahun.

Di Selandia Baru, indeks acuan S&P/NZX 50 naik 0,9 persen menjadi diperdagangkan di 12.046,96 poin pada pukul 23.58 GMT.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.