Pemerintah dorong generasi muda terlibat dalam isu transisi energi



Jakarta (ANTARA) – Direktur Pembangunan, Ekonomi, dan Lingkungan Hidup Kementerian Luar Negeri Hari Prabowo mengatakan pemerintah mendorong generasi muda untuk terlibat aktif dalam isu transisi energi yang kini menjadi salah pembahasan utama dalam forum Presidensi G20 Indonesia.


“Indonesia menganut pendekatan multi pemangku dalam pembangunan berkelanjutan yang melibatkan tidak hanya pemerintah melainkan juga swasta, akademisi, dan komunitas publik, termasuk generasi muda,” kata Hari dalam sebuah diskusi yang dipantau di Jakarta, Selasa.

 

Hari mengungkapkan bahwa pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam mempromosikan energi baru terbarukan.


Menurutnya, pemerintah sangat mendukung berbagai aktivitas dari forum pemuda yang bergerak dalam isu energi baru terbarukan sebagai agen perubahan untuk meningkatkan kesadaran atas pentingnya pemanfaatan energi bersih.

Baca juga: Pemuda Indonesia deklarasi dukungan terhadap transisi energi

 

Tak hanya itu, mereka juga berperan sebagai pelopor untuk menginisiasi pemanfaatan energi bersih pada kehidupan sehari-hari, sekaligus garda terdepan dalam mendukung kebijakan dan upaya pemerintah di bidang transisi energi.

 

“Kami juga mendorong generasi muda bisa meraih berbagai kerja sama dalam kerangka G20,” ujar Hari.

 

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa Presidensi G20 Indonesia memiliki berbagai alur kerja yang bisa diselaraskan dalam upaya untuk mendorong energi baru terbarukan.

 

 

Generasi muda bisa berperan di dalam forum itu melalui Youth 20, Energy Transition Working Group (ETWG), maupun Women 20.

 

Pemerintah Indonesia menitikberatkan tiga bahasan utama transisi energi dalam forum G20, yaitu akses, teknologi, dan pendanaan.

 

Fokus pertama terkait akses energi mengarah kepada energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern untuk semua, terutama energi untuk elektrifikasi dan memasak bersih.


Fokus kedua adalah berbicara teknologi untuk membangkitkan lebih banyak energi dengan cara yang lebih efisien atau dengan cara baru.

 

Penyimpanan energi akan menjadi salah satu topik yang diangkat dalam topik teknologi, termasuk sistem energi rendah karbon, pembangunan industri bersih, integrasi energi terbarukan hingga efisiensi energi.


Adapun isu prioritas ketiga adalah pendanaan. Transisi energi membutuhkan proyek-proyek baru hingga investasi baru agar pembangkit listrik bersih dapat berkembang secara masif.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.