Menparekraf harap IWHTE 2022 jadi sarana bangkitkan ekonomi



Wisata kesehatan menjadi salah satu daya tarik unggulan wisatawan di sejumlah negara.

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengharapkan event Indonesia Wellness & Health Tourism Expo (IWHTE) 2022 menjadi sarana membangkitkan ekonomi dan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.

“Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan di Indonesia tanpa harus ke luar negeri,” katanya sebagaimana dalam keterangan pers di Jakarta, Senin.

Pada tanggal 9 hingga 13 Maret 2022, IWHTE akan diagendakan di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, dalam upaya mendorong pengembangan wisata kebugaran dan kesehatan di Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (PERKEDWI), bagian dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan bekerja sama dengan RajaMICE (event organizer).

Sandiaga menerangkan bahwa wisata kesehatan menjadi salah satu daya tarik unggulan wisatawan di sejumlah negara.

Oleh karena itu, Kemenparekraf dengan Kementerian Kesehatan telah membuat nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dalam rangka pengembangan wisata kesehatan.

Ketua Umum Pengurus Pusat PERKEDWI dr. Mukti E. Rahadian, MARS, M.P.H. menyatakan bahwa pameran ini merupakan salah satu dari beberapa platform yang kelak untuk melakukan branding sekaligus promosi bagi pihak mana pun yang memiliki layanan unggulan di dalam ekosistem wisata kesehatan.

Dalam acara itu, akan ada 20 peserta yang 15 di antaranya dari rumah sakit dengan keunggulannya masing-masing.

“Fasilitas kesehatan yang hadir di sini sudah kami pilih memenuhi ekspektasi pasar di Indonesia,” ungkap Mukti.

Pihaknya juga sedang mempersiapkan pelayanan kesehatan di destinasi wisata melalui platform digital sehingga wisatawan dapat melakukan konsultasi jika bermasalah pada kesehatannya.

CEO RajaMICE/CCO (Chief Community Officer) Panca Rudolf Sarungu menambahkan bahwa produk layanan unggulan setiap rumah sakit dipaketkan dengan hotel terdekat dari masing-masing rumah sakit.

Dikatakan pula bahwa produk layanan unggulan itu tidak hanya ditawarkan saat pameran berlangsung, tetapi juga akan ditawarkan ke seluruh Indonesia melalui asosiasi, seperti Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (ASTINDO), Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), serta agen travel yang sudah bekerja sama.

“Selain menawarkan produk layanan unggulan dari peserta, event ini juga menampilkan talk show dari masing-masing peserta sebagai wadah edukasi kepada masyarakat terkait dengan wellness & health,” kata Panca.

Baca juga: Sandiaga Uno sambut baik kembalinya kebijakan visa on arrival di Bali

Baca juga: Sandiaga: 60 ribu tiket telah terjual pada puncak perlombaan MotoGP

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.