Bupati promosikan budaya Minahasa Utara dalam W20



Manado (ANTARA) – Bupati Joune Ganda mempromosikan budaya seni Minahasa Utara (Minut) dalam ajang side event W20 di Likupang, Sulawesi Utara (Sulut).

“Ini kesempatan memperkenalkan budaya seni pada ratusan delegasi W20 di Likupang,” kata Joune, di Likupang, Selasa.

Dia mengatakan pihaknya sempat mempromosikan kolintang sebagai alat musik khas Minahasa Utara.

Joune yang juga sebagai Ketua Pengurus Daerah Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia Sulawesi Utara ini pula membagikan cenderamata berupa miniatur kolintang kepada para delegasi negara dengan tujuan untuk kelestarian musik kolintang serta memperjuangkan kolintang untuk mendapatkan pengakuan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia dari UNESCO.

“Kami memperjuangkan budaya khas Indonesia berupa alat musik kolintang sebagai warisan budaya dunia,” katanya.

Dia mengajak agar sama-sama bekerja keras mendapatkan pengakuan internasional, bahwa kolintang adalah murni budaya Indonesia, khususnya dari Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan Women20 (W20) yang merupakan side event dari kegiatan internasional Group20 (G20) yang digelar di Likupang, Minahasa Utara.

Kegiatan tersebut dibuka Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Bintang Puspayoga bersama Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Chairwoman W20 Hadriani Uli Silalahi serta Ketua Umum Kowani Dr Giwo Rubianto Wiyogo.

Baca juga: TP-PKK Minahasa harap W20 mampu tangani kekerasan perempuan

Baca juga: Menteri PPPA: Hampir setengah perempuan pelaku UMKM terjerat utang

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.