Dalam peluncuran program pemerintah untuk dorong UMKM go online, Subiakto Priosoedarsono dan Hendy Setiono berikan kiat efektif memulai bisnis.

Saat ini, pemasaran produk melalui internet memang marak dilakukan oleh penggiat bisnis di Indonesia. Platform yang beragam, dan akses terhadap internet yang semakin mudah, juga mendorong perkembangan platform ecommerce dan jumlah bisnis yang memasuki ranah internet.

Namun di Indonesia, jumlah pebisnis Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM) yang sebenarnya mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, terbilang masih kecil.

Padahal, jika para pebisnis UMKM menggunakan internet untuk memasarkan barangnya, pendapatan mereka akan mengalami peningkatan sebanyak 23-80 persen.

Karena itulah Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin), bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) RI untuk mendampingi UMKM, agar bisa melakukan pemasaran di internet.

Menunjukkan niatnya, pada hari Rabu (4/5/2016) lalu, program “Pendampingan UMKM Menuju Pasar Global Melalui Pemasaran Online” besutan Kadin dan Kemenkop UKM pun diluncurkan.

“Program ini dilaksanakan untuk mempertegas keseriusan dan konsistensi Kadin dalam membantu UMKM serta ekonomi kreatif, supaya kualitas ekonomi bangsa kian tumbuh,” jelas Rosan P. Roeslani, Ketua Umum Kadin Indonesia.

Halaman selanjutnya: program ini memang…