Teknik melukis cat air

Akan tetapi, kita tidak bisa mengaplikasikan teknik yang sama untuk cat air, sebab gradasi dalam cat air tercipta sendiri. Gradasi didapatkan dengan menerapkan teknik wet on wet, yaitu dengan cara membasahi kertas terlebih dahulu. Wet on wet ini membutuhkan ketelitian sebab bila kadar air yang digunakan terlalu banyak, kertas bisa menjadi keriting.

Cat warna putih juga jarang digunakan dalam lukisan cat air dan hanya sebagai pelengkap saja. Oleh sebab itu, Mas Galuh menyarankan kita harus teliti menyisakan ruang untuk warna putih pada kertas lukis.

20180915_153306
Foto: Dok. Hitsss.com
20180915_153056
Foto: Dok. Hitsss.com

Seusai Mas Galuh memaparkan ilmunya, kegiatan workshop diikuti dengan praktik. Pada sesi ini, peserta dibagikan workshop kit yang berisi, di antaranya kertas lukis, kuas, cat air, sketsa gambar, dan gambar-gambar referensi untuk panduan melukis. Mas Galuh mengawali sesi melukis dengan terlebih dahulu mempraktikkan teknik wet on wet, teknik kering, lalu kemudian dilanjutkan dengan teknik-teknik lainnya.

Para peserta mengikuti instruksi yang diberikan sambil beberapa kali berkonsultasi dengan Mas Galuh yang berkeliling ruangan. Peserta workshop yang siang itu terdiri dari anak kecil sampai orang dewasa, semuanya terlihat antusias dan tekun dalam mengikuti acara ini, hingga akhirnya workshop pun diakhiri dengan foto bersama. Seperti itulah gambaran kegiatan Hitsss.com bersama Artsphere di workshop kali ini, jangan lewatkan kegiatan-kegiatan selanjutnya dari Hitsss.com, ya!

Acara Hitsss Festival 2018 ini didukung oleh para mitra pendukung, yaitu: Datascrip, Datascrip Creative Tablet, Wacom, Tauzia Hotels, Harris Hotels, Yellow Hotel, Lumix, Toyota, Skechers, Viu Indonesia, Dewaweb, Cocowork, Eatlah, Darling Rock, Gaia, Mineral Botanica, Sunpride, dan Pinot Bread.

Dan juga para community partners, yaitu: Kaskus, Cocowork, Artsphere, Startup Lokal, IKJ, Dancebox Studio, Brand Adventure, Streetworkout Indonesia, dan Baramora Academy. Serta para media partners, ada: Indonesia Tatler, Metro TV, Medcom.id, Viva, Metrotvnews.com, Kompas.com, Koran Sindo, Sindonews.com, Provoke, Cosmopolitan, HerWorld, CheckInJakarta, PopMama, EventJakarta, EventJournal, EventBanget. (TS/DI)