Raditya Dika, Soleh Solihun, Ernest Prakasa, Pandji Pragiwaksono dan Wira Nagara adalah komika Indonesia yang tidak hanya pandai melawak tapi juga mahir menulis buku.

Untuk menjadi stand up comedian atau komika yang populer harus punya konten materi yang tidak biasa dalam memikat penonton. Dalam upaya memancing tawa, stand up comedian harus bisa membuat punchline (bagian lucu dari joke) yang kuat. Untuk membuat punchline yang kuat, komika harus bisa menulis materi stand up comedy dengan baik.

Penulisan materi yang rapi akan memudahkan dalam proses penyampaian (delivery) sehingga joke yang dibawakan akan lebih mudah dipahami penonton. Karena itu, tidak heran kalau para stand up comedian ternama juga bisa menulis buku-buku yang keren. Berikut ini 5 komika terkenal di Indonesia yang juga jago nulis buku.

1. Raditya Dika

Raditya Dika
via Instagram @raditya_dika

Sosok satu ini memang tidak perlu diragukan lagi bakatnya dalam dunia penulisan. Karena sebelum jadi stand up comedian, Radit telah lebih dulu memulai kariernya menjadi penulis. Ia menulis buku Kambing Jantan pada tahun 2005 dan buku-buku karyanya semakin banyak yang diterbitkan dan rata-rata melibatkan nama hewan seperti antara lain, Marmut Merah Jambu (2010), Manusia Setengah Salmon (2011), dan Koala Kumal (2015). Hampir semua bukunya juga diangkat ke layar lebar.

Belum lama ini Radit merilis buku terbarunya yaitu Ubur-ubur Lembur. Dalam setiap buku komedi yang ia tulis, berkaitan dengan kisah nyata yang ia alami sendiri. Di buku Ubur-ubur Lembur ini Radit bercerita tentang pengalamannya belajar hidup dari apa yang ia cintai sambil menemukan hal remeh untuk ditertawakan.

Next: Ernest Prakasa