Kunci dalam meraih sukses adalah selalu bertindak (action). Tak heran semua kesuksesan pasti diawali dengan ‘action’. Seperti kata-kata bijak, “Setiap perjalanan seribu mil, pasti diawali satu langkah”, karenanya action adalah kunci meraih kesuksesan, begitu juga dalam dunia berwirausaha.

Jika kamu betul-betul ingin sukses, maka kamu harus memastikan diri melakukan ‘tindakan sukses’. Pengetahuan semata tidak ada artinya tanpa ada aktivitas nyata untuk mewujudkannya. Kamu bisa saja memiliki ribuan kiat sukses, namun jika tidak ada sebuah ‘tindakan’ untuk menjalankannya, maka semuanya tidak memiliki arti. Begitu pula dengan kenalan, jaringan bisnis, dan fasilitas melimpah, semua tidak berarti jika kita tidak mau melakukan ‘tindakan’. Berikut ini enam cara agar kamu dapat menumbuhkan kebiasaan bertindak (take action).

1. Tak harus kondisi sempurna

Jika untuk memulai, kamu harus menunggu sampai kondisi benar-benar sempurna, maka kamu mungkin tidak akan pernah melakukannya. Karena akan selalu ada suatu hal yang dirasa kurang tepat, baik karena waktu yang tidak tepat, pasar sedang lesu, atau persaingan ketat. Dalam dunia nyata, tidak akan pernah ada momen benar-benar sempurna untuk memulai. Kamu harus mengambil tindakan cepat, sambil terus melakukan evaluasi, dan penyempurnaan secara bertahap.

2. Do it!

Segala sesuatu harus dijalankan dan dipraktekkan, daripada hanya menjadi angan-angan belaka. Apakah kamu mempunyai ide yang bagus? Apakah ada cara yang lebih baik dan memberi hasil optimal? Lakukan hari ini juga. Sebab kian lama ide itu tersimpan dalam pikiran, tanpa kamu bertindak, maka cenderung melemah dan setelah beberapa hari menjadi samar-samar. Bahkan setelah itu akan terlupakan. Dengan take action, maka akan kamu dapati banyak hal yang telah kamu selesaikan dan dalam proses hal itu akan merangsang ide-ide baru.

3. Tak cukup dengan ide untuk sukses

Ide memang penting, tapi baru akan benar-benar berharga kalau ide-ide itu sudah dilaksanakan. Suatu ide yang biasa saja, tapi sudah menjadi tindakan, jauh lebih berharga daripada belasan ide brilian yang disimpan karena menunggu kesempatan tepat. Jika kamu memiliki gagasan tepat dan kamu yakini, lakukan segera.

4. Gunakan tindakan untuk halau ketakutan

Tindakan adalah penghalau rasa takut terbaik. Segera mulai melangkah dan hilangkan keraguan, niscaya keyakinan akan terus tumbuh kuat. Setelah melangkah, rasa percaya diri akan bangkit, dan semuanya akan berjalan lebih mudah. Hilangkan ketakutan dengan ambil tindakan dan bangun keyakinan diri.

5. Fokus pada kehidupan saat kini

Fokus pada apa yang dapat kamu lakukan pada saat sekarang. Jangan khawatir pada masa lalu dan masa datang. Hiduplah hari ini. Jika kamu terlalu memikirkan masa lalu atau masa depan, maka kamu tak akan dapat melakukan apa-apa.

6. To the point

Merupakan praktik umum, orang selalu menunggu dan tak masuk ke inti masalah. Semua itu tentu akan membuang-buang waktu dan membuat kamu tak sampai pada tujuan. Jadilah seorang yang ‘to the point’, maka kamu akan lebih produktif dan melihat hasil nyata. Untuk itu tentukan tujuan, segera melangkah (action), ambil inisiatif, serta tingkatkan inovasi, dan kreativitas diri untuk meraih kesuksesan. (VK)