Melalui semangat Hari Sumpah Pemuda tahun ini, Sobat Budaya mengajak para generasi muda menjaga kekayaan budaya  dengan kegiatan, Datathon 1K Budaya Tradisi Nusantara.

Kegiatan bertajuk, “Sumpah Pemuda Masa Kini: #AjakPresiden Datathon 1K Budaya Tradisi Nusantara” bertujuan untuk mengkampanyekan dan mengedukasi upaya pendataan dan pentingnya penggalian pengetahuan budaya tradisi nusantara sebagai aset bangsa.

Hal ini berangkat dalam perspektif, keberadaan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 diikrarkan untuk menyatukan visi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Garis batas kesukuan, budaya, bahasa, serta kepulauan larut dalam semangat abadi persatuan.

Sebagai bangsa yang besar, Indonesia memiliki diversitas budaya yang tidak perlu diragukan lagi. Nusantara membentang dari Sabang hingga Merauke dengan 17.000 kepulauan serta 1.200 suku bangsa yang menyimpan kekayaan budaya tak terkira jumlahnya.

 

Pada momen peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini, Sobat Budaya mengajak anak-anak muda untuk bersama-sama melakukan digitalisasi budaya tradisi nusantara, sebagai bentuk dukungan atas pelestarian budaya yang dikemas dengan adaptasi kondisi masa kini.

Baca halaman selanjutnya: Aksi nyata para pemuda…