Es kepal Milo, pastinya kamu sudah tidak asing dengan salah satu makanan kekinian yang lagi hits ini. Ternyata cara membuatnya juga sangat mudah, lho!

Semenjak kepopulerannya meningkat, kita dengan mudahnya dapat menemui gerai-gerai es kepal Milo di mana pun, mulai dari area perumahan, kampus, perkantoran, dan di sekolah-sekolah. Jajanan yang satu ini memang sedang menjadi tren dan banyak diunggah orang di media sosial. Apakah kamu sudah coba tren kuliner yang satu ini? Atau es kepal Milo sudah jadi cemilan favoritmu?

Untuk satu porsi es kepal Milo kamu bisa dapatkan hanya dengan harga Rp 10 – 20 ribu saja, tergantung dari toping yang ingin kamu tambahkan. Tahukah kamu bahwa es kepal Milo ini awalnya berasal dari Malaysia? Di negeri Jiran sendiri es kepal Milo ini di namakan Ais Kepal Milo, yang berarti es serut. Bahan dasar dari es kepal Milo ini sendiri merupakan es serut yang dicampur dengan lelehan cokelat Milo dan ditambahkan dengan berbagai toping menarik, seperti kacang tanah, meses, cookies, dan lainnya.

Kamu bisa memilih toping tersebut sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Setelah popular di Malaysia, beberapa saat kemudian es kepal ini mulai dikenal di Indonesia dan kedai pertama yang dibuka yaitu di Yogyakarta..

Cara Membuat Es Kepal Milo

Untuk kamu yang belum pernah mencobanya, dan penasaran dengan rasanya kamu bisa lho membuat sendiri es kepal ini di rumah. Kamu cukup menyediakan bahan-bahan berikut untuk membuatnya.

  1. Siapkan 5 bungkus Milo, 50 ml air, 220 ml susu kental manis cokelat dan terakhir es batu atau es serut secukupnya.
  2. Untuk tambahan toping kamu bisa sediakan keju, meses, biskuit, sereal dan lain-lainya sesuai dengan selera kamu.
  3. Setelah bahan siap, mulailah dengan mencairkan 5 bungkus milo dengan 50 ml air tadi, sehingga menghasilkan cairan milo kental
  4. Kemudian tambahkan susu kental manis dan diamkan dalam kulkas beberapa menit sambil menunggu es batu di serut.
  5. Pada saat es diserut, buatlah bentuk seperti dalam kepalan tangan kemudian taruh dalam mangkuk dan tuangkan cairan Milo dan bubuk Milo serta beri toping sesuai dengan selera.

Dengan cara ini kamu bisa menikmati es kepal Milo tanpa perlu mengantre dan tentunya lebih higienis karena kita sendiri yang membuatnya. Kamu juga bisa membuatnya bersama dengan teman atau keluarga supaya waktu kumpul kamu dengan mereka bias lebih seru dan menyenangkan. (JU/AR)