Edukasi merupakan salah satu bidang paling vital dalam kehidupan masyarakat. Namun seberapa jauh dunia teknologi dapat menembusnya? Dan sejauh mana edtech startup menandakan kemajuan yang signifikan?

Pada Kamis (19/5/2016) lalu, komunitas Startup Lokal kembali mengadakan pertemuan dan bincang-bincang Meetup Startup Lokal V. 65, di Gedung Multimedia, Telkom, Jakarta. Kali ini, tema yang diangkat adalah Unbeatable Edtech Startup.

Hadir sebagai pembicara ialah para praktisi yang telah membangun startup di bidang education technology (edtech) tanah air. Mereka adalah Hary S. Candra selaku Founder dan Direktur Marketing PesonaEdu, Winastwan Gora Swajati selaku Founder dan COO Kelase, dan Muhammad Nur Awaludin selaku Co-Founder dan CEO Kakatu.

PesonaEdu adalah startup edtech yang menawarkan software berisi bahan mata pelajaran matematika dan sains untuk tingkat sekolah (SD hingga SMA), sedangkan Kelase adalah platform edukasi online (e-learning), yang menyediakan jejaring sosial dan lingkungan belajar secara online, khususnya mobile, sementara Kakatu adalah aplikasi parental control untuk menghindarkan anak dari kecanduan gadget hingga konten pornografi.

Setelah sesi presentasi dari masing-masing pembicara, ketiganya pun bergabung dalam diskusi panel yang dimoderatori oleh Natali Ardianto, yang juga merupakan salah satu inisiator dari komunitas Startup Lokal. Diskusi berlangsung seru membicarakan pengalaman ketiga pelaku edtech startup, selama menjalankan usaha masing-masing.

Dok. Hitsss / Ester Cahaya
Dok. Ester Cahaya / Hitsss.com

Baca halaman selanjutnya: ternyata sebagai bidang yang seharusnya…