Pertumbuhan pengguna internet tentunya memberikan dampak langsung bagi industri teknologi di Indonesia. Tahukah kamu bahwa Indonesia menempati peringkat keempat dalam jajaran negara dengan pertumbuhan internet global paling tinggi? Laporan Ericsson Mobility yang dilansir pada Juni 2015 lalu menunjukkan, Indonesia memiliki lebih dari empat juta pelanggan internet mobile baru pada kuartal pertama tahun ini.

Sementara itu, mengacu pada data yang dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 mencapai 88,1 juta pengguna. Hal inilah yang mendorong dilaksanakannya Startup Weekend Jakarta, sebuah ajang yang mengumpulkan para developer, desainer, marketer, product manager, serta orang-orang yang memiliki talenta di berbagai bidang dan antusiasme berwirausaha.

Dalam acara ini, mereka akan bertukar ide, membentuk tim, membangun produk, dan meluncurkan sebuah startup, akhir pekan ini. Acara yang akan digelar pada 2-4 Oktober 2015 di Conclave ini, bertujuan ingin mempertemukan para talenta terbaik tanah air dan mendorong mereka menciptakan sebuah startup.

Menarik bukan? Pada hari pertama, peserta yang terdaftar akan melakukan presentasi di depan peserta lain, dan ide-ide kreatif mereka akan dipilih secara langsung untuk membentuk sebuah tim pada hari tersebut. Pada hari kedua, tim yang telah terbentuk akan membangun sebuah ide, dibantu langsung oleh mentor yang merupakan praktisi di bidang terkait. Di hari terakhir, tim yang telah melalui proses mentoring akan melakukan pitching di depan para juri, untuk memenangkan hadiah-hadiah yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara.

Para peserta akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 500 ribu untuk mengikuti serangkaian acara ini. Nantinya, juri-juri yang terlibat, antara lain Aulia Masna (Editor AdDiction), Dondi Hananto (Founder Kinara Indonesia), Shinto Nugroho (Head of Public Policy and Government Relations Google), dan Wicak Hidayat (Editor Kompas Tekno), akan menilai para finalis.

Mentor-mentor yang dikenal berpengalaman di bidangnya, masing-masing juga akan membimbing para peserta dalam membentuk startup, yakni Sanny Gaddafi (CTO 8villages), Vina Zerlina (Senior UX Designer Blibli), Andreas Senjaya (Co-Founder & CEO Badr Interactive), Yukka Harlanda (Co-Founder Brodo Footwear), Dian Wulandari (COO Marketeers), Dina Kosasih (Co-Partner Makedonia Makerspace), David Soukhasing (Investment Manager SEA LGT Ventures), Karina Akib (Strategic Partnership Manager Google Indonesia), Peter Shearer (Managing Director AR&Co.), Heriyadi Janwar (Corporate VP Bhinneka), Enda Nasution (Co-Founder Sebangsa), Sofian Hadiwijaya (Founder Crazy Hackerz), dan Christian Sutardi (Co-Founder & COO Fabelio).

“Kami ingin menciptakan fondasi yang kuat untuk ekosistem startup di Indonesia, dan membantu para generasi muda untuk menjadi seorang pengusaha, terutama di bidang teknologi. Caranya dengan mempertemukan mereka dengan mentor berpengalaman, agar mereka memiliki paradigma bahwa membangun bisnis yang berhasil tidak hanya bermodal uang atau hanya mengharapkan kucuran dana dari investor,” ungkap Yansen Kamto, Chief Executive KIBAR, mitra lokal penyelenggara Startup Weekend Jakarta 2015.

Startup Weekend ini rencananya tidak akan mengajarkan kewirausahaan dalam sebuah ruang kelas yang membosankan. Melainkan dengan cara mengasyikkan, interaktif, dan memberikan hasil yang memiliki arah serta tujuan. Acara ini bukan mengenai teori tertulis atau menggurui, melainkan tentang berbuat sesuatu dan mewujudkan ide-ide yang inovatif. Kamu yang tertarik, bisa langsung mendaftarkan diri untuk ikut berpartisipasi pada Startup Weekend Jakarta 2015 di sini! (KA)