Bukan kreatornya saja yang dikenal, karyanya pun terbilang populer layaknya selebritas. Si Juki, karakter ciptaan Faza Meonk, di bawah asuhan Pionicon Management, boleh dibilang sangat akrab di kalangan pengguna media sosial.

Komik Si Juki (Dok. Faza Meonk)
Komik Si Juki (Dok. Faza Meonk)

Hingga saat ini, lebih dari 270 ribu orang telah menjadi penggemar Si Juki di Facebook. Di jejaring sosial Twitter dan Instagram, @JukiHoki masing-masing berhasil menggaet lebih dari 80 ribu pengikut. Kesuksesan Si Juki juga ditunjukkan dengan buku-bukunya yang menjadi best-seller hampir di semua toko buku di Indonesia. Selain komik, Si Juki sudah dikembangkan ke berbagai media lainnya, seperti merchandise dan mobile game.

Komik lipat dan Space Adventure

Dalam gelaran Popcon Asia 2015, yang telah digelar pada tanggal 7-9 Agustus 2015 lalu, Pionicon merilis versi cetak dari komik Si Juki dalam edisi terbatas. Si Juki Lika Liku Anak Kost dicetak tidak dalam bentuk buku seperti biasanya, melainkan dalam bentuk komik lipat yang memanjang sehingga terlihat unik dan layak dikoleksi.

Tri Rismaharani, walikota Surabaya, berbelanja komik si Juki (Dok. Faza Meonk)
Tri Rismaharani, walikota Surabaya, berbelanja komik si Juki (Dok. Faza Meonk)

Si Juki Lika Liku Anak Kost versi cetak ini dihadirkan untuk memberikan pengalaman baru bagi pembaca dalam membaca komik. “Komik ini terinspirasi dari model buku telepon di era 90an, harapannya bisa memberi variasi terhadap media cetak komik. Selain itu, komik ini ditempel di kulkas karena menggunakan magnet,” ujar Faza.

Selain itu, Si Juki meluncurkan serial tebarunya dengan judul Si Juki Space Adventure. Serial ini menceritakan tentang petualangan Si Juki di luar angkasa bersama sepupunya Juleha dan robot dari planet asing bernama Crotbot. “Saya ingin menghadirkan tema yang di luar kehidupan sehari-hari Si Juki, seperti petualangan Si Juki di luar angkasa ini. Harapannya, dengan tema yang lebih universal, komik Si Juki dapat diterima, tidak cuma di Indonesia tapi juga di luar Indonesia,” tambah Faza.

Faza Meonk dan Poppo di Popcon Asia 2015 (Dok. Popcon Asia 2015)
Faza Meonk dan Poppo di Popcon Asia 2015 (Dok. Popcon Asia 2015)

Action figure Si Juki

Keluar dari dalam komik, Si Juki muncul sebagai action figure. Action figure yang satu ini terhitung unik karena hadir dengan sosok karakter Si Juki yang sedang memegang senjata berupa semprotan dan raket nyamuk. Action figure tersebut memiliki tinggi sekitar 15 cm. Dibuat dengan bahan resin, Si Juki Huwala Figure “Pemburu Nyamuk” ini dijual di acara Popcon Asia 2015 dengan harga Rp 250 ribu.

Si Juki Space Adventure (Dok. Faza Meonk)
Si Juki Space Adventure (Dok. Faza Meonk)

Pada acara ini, pihak Pionicon hanya merilis 24 figure saja. Meskipun hanya dijual secara terbatas, action figure yang diproduksi di Indonesia ini, juga dapat dipesan melalui mekanisme pre-order  mulai  bulan September 2015 mendatang. Selain 24 figure itu, Pionicon juga akan merilis 12 action figure dengan edisi terbatas yang dapat diproleh melalui mekanisme lelang di booth Pionicon pada gelaran Popcon Asia 2015 lalu.

“Saya ingin Si Juki masuk ke ranah industri mainan. Jika dapat sambutan baik masyarakat, tidak menutup kemungkinan karakter lain dari Pionicon juga akan dirilis action figure-nya. Saya harap langkah ini membuka jalur karakter-karakter lokal lainnya terjun di industri mainan,” ujar Faza. Berminat mengusir nyamuk dengan action figure si Juki? (KA)