Kegunaan transaksi cashless

Dalam perencanaan keuangan pribadi, transaksi cashless akan mempermudah tracking. Membuat catatan keuangan pribadi seseorang menjadi lebih akuntabel. Catatan keuangan yang akuntabel akan membuat seseorang lebih punya kontrol terhadap kondisi keuangannya.

Tidak perlu lagi membuat catatan-catatan pengeluaran secara manual. Karena hampir semua transaksi kita, tercatat secara otomatis. Jika laporan keuangan kita bagus, tentunya akan sangat berguna untuk berbagai keperluan.

Banyak bank mensyaratkan rekening koran beberapa bulan mundur, sebelum kita mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau kredit konsumsi yang lain. Bahkan, sudah bukan lagi rahasia ada bank yang mengunakan rekening koran sebagai syarat paling utama dalam pengajuan kredit.

Mereka bisa memberikan gimmick khusus untuk nasabah yang memiliki catatan rekening koran bagus. Dengan catatan, laporan keuangan yang lengkap.

Maka, akan sangat mudah untuk seseorang mulai merencanakan keuangannya. Mengoreksi pos-pos pengeluarannya, kemudian membuat sistem anggaran yang baru dan lebih pas.

Lambat laun kebiasaan melakukan pengeluaran tanpa kontrol, akan berubah dengan sendirinya. Sehingga, seseorang bisa lebih fokus untuk mulai merencanakan investasinya. Lebih fokus menyiapkan pensiunnya, maupun tujuan keuangan yang lain.

Dari sisi regulator, transaksi cashless tentu akan menurunkan jumlah transaksi money laundry secara signifikan. Pemerintah bisa fokus mendeteksi uang fisik yang beredar, dan menetapkan kebijakan-kebijakan terkait peredaran uang tersebut.

Harapan ke depannya, melalu nomor seri uang yang ada, kita bisa mengetahui dengan mudah asal-usul uang tersebut. Secara tidak langsung, era cashless bisa memacu penurunan kejahatan di industri keuangan, seperti pemalsuan kartu, peredaran uang palsu, rekening ganda, dan banyak hal lain terkait money laundry.

Semakin sulit proses money laundry dikerjakan, maka akan semakin turun jumlah pelaku money laundry, seperti pengemplang pajak maupun koruptor. Hal ini tentu akan memicu pada kondisi ekonomi bangsa yang lebih transparan dan stabil.

Jadi mari kita sambut era cashless ini dengan penuh sukacita. Selamat berubah!