Fenomena branchless banking pun mulai marak di kota-kota besar. Beberapa bank selain gencar mengembangkan fasilitas online-nya, juga mulai membuka layanan lounge di mal, maupun pusat keramaian.

Dan yang menarik, lounge ini beroperasi seperti layaknya jam operasional mal. Mereka tetap menerima pelayanan setelah jam kerja normal dan di hari libur.

Yang paling fenomenal, baru-baru ini di Jakarta, muncul satu bank yang pembukaan rekeningnya hanya dilakukan via aplikasi.

Tidak hanya itu, tahun lalu juga sudah mulai muncul rekening ponsel yang memungkinkan seseorang mengambil uang tunai lewat ATM tanpa kartu. Belakangan juga muncul layanan ojek online, yang pembayarannya menggunakan uang elektronik, yang kita depositkan terlebih dahulu ke akun ojek online yang kita punya.

Cara tersebut relatif baru di Indonesia. Tapi secara global, hal tersebut sudah terjadi beberapa tahun sebelumnya.

Yang saat ini sedang menjadi sorotan adalah produsen ponsel yang menerbitkan payment gateway internasional untuk berbagai macam transaksi melalui berbagai merchant, baik untuk transaksi online maupun offline. Goodbye, kartu kredit dan debit!

Pemerintah dan perannya

Seperti biasa, pemerintah kita sebenernya tergolong tidak siap menghadapi kondisi ini. Fintech is the new wave. Banyak sekali bermunculan perusahaan finance berbasis teknologi.

Dan pemerintah akhirnya berusaha berdaptasi untuk terjun mengatur indutri yang tergolong baru ini. Bagaimana mengatur sistem Know Your Customer (KYC) mereka. Mengatur sistem keamanan pembayaran mereka. Dan hampir setiap bulan mereka menggelontorkan peraturan baru terkait indutri fintech.

Pemerintah dituntut untuk siap mengikuti perubahan pasar dan perkembangan teknologi. Berita bagusnya, database yang bisa dibangun oleh industri fintech ini bisa jadi justru mendukung banyak program pemerintah yang lain. Seperti program e-KTP, pajak, dan banyak program-program lain yang datanya akan lebih akurat melalui peran fintech.

Baca halaman selanjutnya: Sistem keamanan fintech, seperti kita tahu, kelebihan dari teknologi adalah data yang saling terkoneksi…