Lebih dari lima belas ribu pelari memeriahkan lomba lari maraton “MILO Jakarta International 10K #Jitenk 2016”. Acaranya seru dan meriah, bisa jaga kesehatan, juga bisa sekaligus rekreasi di sini.

“MILO Jakarta International 10K 2016”, kompetisi lari maraton dengan jarak 10 kilometer yang digelar oleh brand susu Milo, baru saja digelar untuk keenam kalinya, Minggu (24/7/2016) lalu.

Ada tiga kategori lomba yang bisa diikuti peserta, yaitu ‘Open’ untuk warga internasional dan warga Indonesia, ‘Closed’ yang khusus untuk warga Indonesia, dan ‘Student’ yang hanya boleh diikuti bagi pelajar berusia 13-17 tahun.

Lalu bagaimana keseruan acaranya? Well, karena saat ini lari bisa dibilang menjadi salah satu bagian dari gaya hidup anak muda, tak heran banyak anak-anak muda ikut serta dalam lomba ini. Termasuk Hitsss juga berpartisipasi di acara lari akbar ini, lho.

Diikuti lebih dari lima belas ribu pelari, lomba ini dimulai pada pukul 06.00 WIB. Garis start dan finish sama-sama berada di Kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta.

Rute lomba meliputi Kawasan Epicentrum Utama Raya, Jalan HR. Rasuna Said, lalu putar arah di perempatan Kuningan, menuju Jalan Cokro Aminoto, Jalan Sumenep, Jalan Latu Harhari, Jalan Cimahi, Jalan Dr. Kusuma Atmaja, Jalan HOS. Cokroaminoto, dan kembali ke Jalan HR. Rasuna Said.

Mengambil tema “Green Energy for Jakarta”, sebagian area Jakarta yang jadi rute lomba, seketika berwarna hijau karena lautan peserta kompak berlari mengenakan kaus hijau. Kompetisi lari yang pertama kali digelar tahun 2004, dan jadi salah satu rangkaian perayaan HUT DKI Jakarta ke-489 ini, menyediakan hadiah total Rp 500 juta.

Selain jalur lari, penyelenggara acara juga menyediakan delapan titik parkir kendaraan pribadi, yang juga turut mengakomodir kebutuhan pelari. Jalan yang menjadi rute lomba secara khusus diblokir, sehingga tidak ada kendaraan pribadi melintas. Hanya ada beberapa bus Transjakarta yang terlihat melintas, namun tidak banyak.

Untuk pemenang, bukan hanya medali yang disematkan, lho. Peserta yang berhasil mencapai garis finish dengan catatan waktu terbaik, akan dapat hadiah jutaan rupiah.

Untuk kategori Open, hadiah terbesar bernilai Rp 30 juta, dan kategori Closed memperebutkan hadiah terbesar Rp 25 juta. Sedangkan kategori pelajar memberikan hadiah kepada sepuluh pemenang, senilai antara Rp 1,5 juta hingga 6 juta.

Baca halaman selanjutnya: Lalu siapa yang jadi keluar pemenang…