Setiap orang memiliki rutinitas yang berbeda-beda setelah bangun tidur. Entah hanya bermalas-malasan di tempat tidur, mengecek media sosial, sarapan, atau berolahraga. Sejumlah orang-orang sukses di dunia pun memiliki rutinitas masing-masing. Mereka cenderung melakukan kegiatan yang produktif untuk memotivasi hidup mereka.

Nah, kira-kira rutinitas pagi harimu sudah termasuk aktif belum, ya? Kalau kamu bercita-cita ingin sukses seperti Barack Obama atau Steve Jobs, simak bahasan Hitsss kali ini, yuk! Siapa tahu, kamu bisa meniru rutinitas mereka dan ikut tertular sukses.

Craig Newmark

Craig Newmark (Dok.  Quotes Gram)
Craig Newmark (Dok. Quotes Gram)

Craig Newmark dikenal sebagai pendiri Craigslist, situs periklanan yang beroperasi di lebih dari 50 negara sejak 1995 silam. Salah satu orang sukses dunia ini memulai harinya dengan kegiatan yang sangat produktif. Setiap pagi, ia duduk di mejanya untuk melayani dan menjawab keluhan para pelanggan. Ia mengungkapkan, fokus terhadap pelanggan seperti ini membuatnya siap menghadapi realitas kehidupan.

Kenneth Chenault

Kenneth Chenault (Dok. Bet)
Kenneth Chenault (Dok. Bet)

Kenneth Chenault telah menjadi Chief Executive Officer (CEO) dan Chairman American Express sejak 2001. Sebelum meninggalkan kantornya setiap malam, ia terbiasa membuat daftar berisi tiga hal penting yang ingin ia capai. Daftar ini kemudian akan dijadikan acuan untuk memulai kegiatan esok harinya.

Steve Reinemund

Steve Reinemund (Dok.  Wake Forest University)
Steve Reinemund (Dok. Wake Forest University)

Mantan CEO dan Chairman Pepsi, Steve Reinemund, juga melakukan kegiatan yang produktif. Ia terbiasa memulai hari dengan berolahraga. Setiap pukul 05.00, ia berlari sejauh empat mil. Usai berlari, ia berdoa, membaca berita, dan sarapan dengan anak-anaknya.

Michelle Gass

Michelle Gass (Dok. Fortune)
Michelle Gass (Dok. Fortune)

Tak jauh berbeda dengan Steve Reinemund, Michelle Gass juga memulai harinya dengan berolahraga. Selama lebih dari 15 tahun, mantan President Starbucks ini bangun pada pukul 04.30 untuk berlari. Ia percaya bahwa rutinitasnya ini membantu meningkatkan kebahagiaan dan membawa keberhasilan dalam bisnisnya.

Anna Wintour

Anna Wintour (Dok. Telegraph)
Anna Wintour (Dok. Telegraph)

Anna Wintour telah menjadi Editor-in-Chief majalah Vogue lebih dari 20 tahun lamanya. Menjadi salah satu wanita tersukses di dunia, tidak lantas membuatnya bermalas-malasan setelah bangun tidur. Ia memiliki rutinitas pagi hari dengan berolahraga. Ia bermain tenis pada pukul 05.45 selama satu jam. Lalu, ia pergi untuk menata rambut bob-nya yang khas sampai akhirnya tiba di kantor pukul 09.00.

Steve Jobs

Steve Jobs (Dok. The Film Stage)
Steve Jobs (Dok. The Film Stage)

Mendiang Steve Jobs, mantan CEO Apple, memiliki rutinitas mengevaluasi pekerjaannya setiap pagi. Selama 33 tahun semasa hidupnya, ia berdiri di depan cermin dan bertanya pada dirinya sendiri, “Jika hari ini adalah hari terakhirku di dunia, apakah aku ingin melakukan sesuatu yang akan aku kerjakan hari ini?”. Apabila jawabannya ‘tidak’ dalam beberapa hari berturut-turut, ia merasa harus mengubah sesuatu.

Barack Obama

Barack Obama (Dok. Biography)
Barack Obama (Dok. Biography)

Meskipun menjadi Presiden Amerika Serikat, memerhatikan keluarga dan kesehatan fisik diri tetap menjadi kegiatan penting bagi Barack Obama. Setiap pukul 06.45, ia memulai harinya dengan berolahraga. Setelah selesai berolahraga, ia membaca beberapa koran dan sarapan dengan keluarganya sebelum mulai bekerja pada pukul 09.00. (ADP)