Popcon Surabaya jadi wadah bertemunya kreator, penggemar dan industri kreatif, yang berhasil menarik 6000 pengunjung.

Popcon Asia, singkatan dari Popular Culture Convention Asia, biasanya hanya diadakan setiap tahun di Jakarta. Namun spesial di tahun ini, Popcon Asia bekerja sama dengan pemerintah Surabaya mengadakan Popcon Surabaya, dihelat di Surabaya pada hari Sabtu dan Minggu, 4 dan 5 Juni 2016 lalu.

Dengan tema “City of Superheroes”, Popcon Asia berhasil menarik 6000 pengunjung. Bervisi mewadahi dan mendorong pertumbuhan ekosistem industri kreatif Indonesia, khususnya di Surabaya, acara ini jadi tempat peluncuran karya, forum dan diskusi, apresiasi karya, serta tempat berkolaborasi antar kreator.

Salah satu karya yang untuk pertama kali ditampilkan ke muka umum dan diperkenalkan di Popcon Surabaya adalah animasi Prince Boemi, hasil kolaborasi Kratoon Channel dan Vidi Aldiano.

Tak hanya kolaborasi antara studio animasi dan musisi, ada juga kolaborasi antara Kratoon Channel dan Kreavi.com, yang menghasilkan dua karakter animasi Sura dan Baya. Dua karakter ini berkategori open source, sehingga bisa digunakan oleh seluruh Usaha Kecil Menengah (UKM) di Surabaya.

Beberapa kreator lain seperti Rupanada, Komikin Aja, dan Unyil, juga meluncurkan karya-karya terbaru mereka di Popcon Surabaya.

Selain banyaknya peluncuran karya-karya baru di Popcon Surabaya, ada juga agenda-agenda lain yang menarik seperti Doodle Battle Kratoon, Kreavi Challenge-Surabaya Bangga, dan Portfolio Review.

Doodle Battle yang diadakan oleh Kratoon diikuti oleh lebih dari 150 peserta, dengan rangkaian 11 seminar, yang berhasil menggaet lebih dari 300 peserta di Popcon Surabaya.

Baca halaman selanjutnya: Highlight lain dari Popcon Surabaya adalah…