Viral Kerumunan Rekrutmen Lion Air di Tangerang, Langsung Dibubarkan Polisi


Jakarta

Sebuah video memperlihatkan kondisi kerumunan para pencari kerja di Lion Operation Center (Lion Air Group), Neglasari, Tangerang, viral di media sosial. Diperkirakan ribuan pelamar berdesak-desakan hingga menimbulkan kemacetan di sekitar lokasi.

Peristiwa itu terjadi di Jalan Marsekal Suryadama, Neglasari, Tangerang, pada Sabtu (16/4) sekitar pukul 09.00 WIB. Kerumunan para pencari kerja itu mengular hingga memadati jalan raya.

“Woi… santai, woi…,” kata perekam video seperti dilihat, Sabtu (16/4/2022).

Dihubungi terpisah, Kapolsek Neglasari Kompol Putra Pratama membenarkan adanya peristiwa tersebut. Dia menyebut ada ribuan orang yang diperkirakan hadir pagi tadi.

“Lion Air Group melaksanakan rekrutmen pegawai baru untuk mengisi tugas sebagai portir dan ground handling. Kegiatan yang dilakukan di kantor Lion Operation Center, Neglasari, ini menarik minat pelamar hingga ribuan orang,” kata Putra.

Putra mengatakan tidak ada pemberitahuan ke pihak kepolisian terkait adanya rekrutmen pegawai di Lion Operation Center. Tingginya animo para pelamar kerja membuat lalu lintas di lokasi macet total.

“Kegiatan rekrutmen ini dilakukan tanpa ada pemberitahuan sama sekali baik ke polsek ataupun ke perangkat kecamatan sampai dengan RW dan RT, sehingga tidak ada rapat persiapan dengan baik. Kegiatan ini menyebabkan lalu lintas di kedua arah macet total,” ucap Putra.

“Tidak ada pengaturan parkir, tidak ada pembagian jam peserta yang ikut rekrutmen sehingga polisi meminta kegiatan rekrutmen Lion Air disetop,” tambahnya.

Lebih lanjut Putra mengatakan, setelah kerumunan para pelamar kerja tidak terkendali, pihak kepolisian langsung meminta kegiatan tersebut dihentikan. Pihak panitia dan Lion Air diimbau memperbaiki sistem rekrutmen mereka ke depannya.

“Kita memerintahkan untuk acara dihentikan, diganti ke hari lain dengan perencanaan yang lebih baik atau dilaksanakan secara online,” jelas Putra.

detikcom telah menghubungi pihak Lion Air terkait kejadian tersebut. Namun, hingga berita ini dimuat, belum ada tanggapan dari pihak Lion Air.

Lihat juga video ‘Satgas COVID-19 Makassar Periksa Panitia Konser Musik yang Bikin Kerumunan’:

[Gambas:Video 20detik]

(ygs/mei)

Leave a Reply

Your email address will not be published.