Prabowo Kontak Kemhan Rusia Pastikan Evakuasi WNI Aman


Jakarta

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra mengungkap peran Menhan Prabowo Subianto dalam proses evakuasi WNI dari Ukraina. Herindra menyebut Prabowo berkomunikasi dengan Menlu RI hingga Kemhan Rusia.

“Pada acara atau kegiatan evakuasi ini, Bapak Menhan Prabowo Subianto selalu berkoordinasi dengan Ibu Menlu (Retno Marsudi),” kata Herindra dalam siaran YouTube Kemlu RI, Kamis (3/3/2022).

Herindra menyebut Prabowo juga melakukan komunikasi dengan Kementerian Pertahanan Rusia terkait evakuasi ini. Komunikasi tersebut dilakukan agar proses evakuasi WNI berjalan aman.

“Menhan Pak Prabowo Subianto berupaya untuk selalu kontak dengan via Kementerian Pertahanan Rusia agar proses evakuasi yang dilaksanakan selama ini berjalan dengan aman sehingga warga negara Indonesia akan tetap terjamin keamanannya,” kata dia.

Pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi WNI yang ada di Ukraina ke Tanah Air. Menggunakan pesawat, para WNI tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Pesawat yang membawa WNI itu mendarat pada Kamis (3/3) sekitar pukul 17.28 WIB, yang disiarkan melalui YouTube Kemlu RI. Para WNI disambut langsung oleh Menlu RI Retno Marsudi.

Retno mengatakan WNI yang tiba di Indonesia sebanyak 80 orang. Mereka berangkat dari Rumania menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

“Pesawat Garuda Indonesia yang membawa pulang warga negara Indonesia dari Ukraina telah mendarat di Tanah Air. 80 warga negara Indonesia dan 3 warga negara asing yang merupakan keluarga dari WNI berada di dalam rombongan,” katanya.

Simak Video ‘Momen Kedatangan WNI di Tanah Air Usai Dievakuasi dari Ukraina’:

[Gambas:Video 20detik]

(lir/imk)

Leave a Reply

Your email address will not be published.