Muncul Sikap Rasisme-Seksisme Saat Pertandingan di JIS, IYC Buka Suara


Jakarta

Laga Athletico Madrid melawan Bali United U18 dalam International Youth Championship (IYC) di Jakarta International Stadion (JIS) jadi sorotan. Pasalnya saat pertandingan berlangsung, diduga ada tindakan rasisme hingga seksisme dari penonton.

Akun Twitter @addogerardo mengungkapkan hal tersebut lewat unggahan thread, yang mendapat respons 524 kali retweet dari pengguna Twitter lainnya. Dia menyebut penonton di JIS melakukan tindakan rasisme terhadap pemain Athletico Madrid.

“Sangat disayangkan ada rasisme dari mulut pengunjung stadion yang neriakin ‘woy it*m’ pemain Atletico Madrid U18 di Stadion JIS,” tulisnya.

Selain itu, tindakan seksisme juga dilakukan penonton. Dalam video yang diunggah, terdengar suara siulan ‘cat calling‘ penonton saat tim medis wanita datang untuk mengobati pemain yang cedera.

Plus seksisme dari arah tribun “woy jangan nga**ng lu!” Waktu medis wanita sedang menangani pemain Bali United yang cedera,” lanjutnya.

Tanggapan Pihak IYC

Organizing Commitee IYC sangat menyayangkan tindakan rasisme hingga seksisme yang dilakukan oleh para penonton. Pihaknya juga menyebut telah menghimbau penonton untuk tidak melalui hal tersebut.

“Terkait dengan kejadian rasisme dan seksisme yang terjadi pada pertandingan International Youth Championship yang sudah terlaksana sejak 13 April 2022, Organizing Commitee International Youth Championship sangat menyesalkan kejadian tersebut,” tulis dalam postingan instagram resmi IYC.

“Melalui announcer/MC pertandingan, Organizing Commitee, telah menghimbau para penonton untuk tidak melakukan perbuatan yang mengarah ke rasisme dan seksisme yang dapat mengganggu jalannya pertandingan,” sambungnya.

Lanjut, pihak IYC mengatakan akan menindak tegas jika terjadi hal serupa di empat pertandingan lainnya yang akan digelar di JIS.

“Untuk 4 pertandingan tersisa, termasuk partai final, Organizing Commitee IYC akan mengambil tindakan tegas,” katanya.

Simak penyelenggara ancam usir penonton yang rasis dan seksis hingga hentikan pertandingan di halaman berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.