Mantap! Gadis di Manado Jadi Dokter di Usia 20 Tahun


Manado

Seorang mahasiswi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Manado, Angela Aprilia Pangemanan, jadi perhatian setelah meraih gelar dokter pada usia 20 tahun. Foto-foto wisuda Angela yang jadi dokter pada usia muda viral di media sosial.

Dalam unggahan beredar, Angela sebenarnya berkesempatan meraih gelar dokter pada tahun lalu atau saat usianya masih 19 tahun. Namun, karena pandemi COVID-19, Angela terpaksa cuti akademik.

“Usia 20 tahun dilantik jadi dokter. Harusnya saat masih 19 tahun, tapi koas tertunda karena pandemi,” tulis akun unggahan viral.

Angela Aprilia Pangemanan lantas buka suara soal unggahan kisahnya yang viral. Dia mengaku masuk kuliah S1 di Fakultas Kedokteran Unsrat Manado pada 2015. Angela meraih sarjana kedokteran kurang-lebih 3 tahun dan menyelesaikan koas (ko-asisten) untuk meraih gelar dokter selama 2 tahun.

“Februari 2019 wisuda sarjana kedokteran. Terus masuk koas profesi dokter 2019,” kata Angela saat dimintai konfirmasi, Jumat (11/2/2022).

Angela mengaku seharusnya bisa menyelesaikan program koas lebih cepat. Hanya, dia dan puluhan teman seangkatan terpaksa mengambil cuti akademik selama satu tahun karena situasi pandemi COVID-19.

Setelah cuti akademik tuntas pada 2020, Angela baru masuk koas lagi pada April 2021. Setelahnya, barulah Angela ikut ujian kompetensi mahasiswa program profesi dokter (UKMPPD) dan dinyatakan lulus.

“Biasanya profesi dokter itu lama sekolah 1 tahun lebih. Tapi karena ada pandemi COVID-19, jadi torang (kami) seangkatan ada cuti akademik. Jadi ada ta lama (agak lama),” katanya.

Setelah wisuda, Angela dalam waktu dekat bakal mengambil sumpah sebagai dokter. Sumpah dokter bakal berlangsung pada 16 Februari mendatang.

“Sebenarnya dari pandangan akademik kita (saya) sudah dokter karena sudah diwisuda. Cuma untuk pelantikan dokter istilahnya itu pengambilan sumpah dokter dari fakultas nanti tanggal 16 Februari, itu sumpah dokter,” katanya.

Angela mengaku optimistis bisa profesional sebagai dokter muda. Angela berkomitmen menjadi dokter yang berbakti dan bertanggung jawab.

“Jadi harapan kita (saya) nda (tak) berpikir di usia muda ini, yang penting jadi dokter yang berbakti dan bertanggung jawab di masyarakat. Karena ini sudah jadi dokter, torang (kami) bertanggung jawab untuk torang pe gelar,” tutur dia.

Dia juga berharap rekan-rekannya yang sedang berjuang jadi dokter tidak menyerah. Menurut dia, menggapai cita-cita harus memiliki niat dan semangat yang tinggi.

“Jadi, untuk adik-adik dan kakak-kakak masih sementara berjuang, semangat karena semua tidak gampang. Ada uang maupun tidak ada uang, itu tergantung bagaimana niat kalian dan usaha masing-masing,” tutur Angela.

“Karena ketika jadi dokter, tidak bergantung pada orang tua atau orang lain. Tapi berjuang sendiri. Harus selalu bergantung pada Tuhan. Karena semua itu Tuhan yang atur,” pungkas Angela.

Angela Kuliah Kedokteran Saat Masih 14 Tahun

Angela merupakan gadis kelahiran Jakarta pada 19 April 2001. Angela kuliah di Fakultas Kedokteran Unsrat, Manado, saat usianya masih 14 tahun.

“Selama tiga tahun setengah lulus sarjana kedokteran pada umur umur 17 tahun. Dan saat ini lulus dokter pada umur 20 tahun,” kata ibu Angela, Grace Kandou.

Grace menyebut putri bungsunya itu sejak kecil punya minat lebih di bidang kedokteran. Dia pun bersyukur dan bangga atas keberhasilan Angela.

“Puji Tuhan, semua karena kemurahan Tuhan, sehingga Angela bisa mengikuti tahap demi tahap dan dimampukan Tuhan sampai bisa diwisuda dokter umum pada tanggal 10 Februari 2022,” kata dia.

(hmw/nvl)

Leave a Reply

Your email address will not be published.