Kapan Status Hitam di PeduliLindungi Hilang, Ini Ketentuan Terbaru Kemenkes


Jakarta

Kapan status hitam di PeduliLindungi hilang setelah negatif Corona jadi informasi penting. Diketahui Kementerian Kesehatan RI kembali memperbarui fitur status warna di PeduliLindungi, khususnya untuk warna hitam.

Seperti diketahui, warna PeduliLindungi akan berubah jadi hitam bila kita dinyatakan positif Corona. Status warna hitam berarti kita tidak bisa masuk ke berbagai area publik. Setelah pasien Corona tadi negatif PCR, muncul pertanyaan kapan status hitam PeduliLindungi hilang dan kembali ke warna sebelumnya.

Lalu kapan status hitam di PeduliLindungi hilang? Ini ketentuan terbaru dari Kemenkes.

Arti Status Hitam di PeduliLindungi

Dilansir situs resmi Kemenkes RI, status warna hitam menjelaskan kondisi di mana seseorang tidak dapat bepergian ke tempat umum. Ada beberapa alasan kenapa seseorang bisa mendapatkan status warna hitam saat check-in di aplikasi PeduliLindungi. Berikut alasannya:

  1. Dinyatakan positif Covid-19 kurang dari 10 hari
  2. Memiliki riwayat kontak dengan kasus positif kurang dari 10 hari
  3. Baru saja tiba dari luar negeri

Adapun jika muncul warna hitam, seseorang diminta melakukan isolasi mandiri/karantina dan melakukan tes antigen/PCR dengan ketentuan:

  • Jika positif Covid-19: diminta isolasi mandiri dan lakukan tes PCR paling cepat pada H+5 sejak terkonfirmasi positif sebanyak 2 kali dengan jarak 24 jam (misal pada H+5 dan H+6).
  • Jika kasus kontak erat: karantina mandiri dan lakukan exit test antigen/PCR paling cepat pada H+5 sampai H+9 sejak terdata sebagai kontak erat.
  • Jika datang dari luar negeri: Karantina sesuai peraturan yang berlaku serta melakukan tes PCR pada saat kedatangan dan H-1 sebelum selesai karantina.

Kini alasan kenapa seseorang mendapatkan status hitam di PeduliLindungi sudah diketahui. Lalu kapan status tersebut hilang? Berikut ketentuannya:

  1. Jika sudah sembuh Covid-19:
    a. status hitam akan hilang secara otomatis. Status akan kembali seperti semula tanpa tes ulang pada H+10 sejak terkonfirmasi positif.
  2. Jika kontak erat dan dinyatakan negatif setelah karantina mandiri dan lakukan exit test antigen/PCR paling cepat pada H+5 sampai H+9:
    a. Status akan hilang jika hasil negatif tanpa tes dengan ketentuan berubah pada H+10 sejak terdata sebagai kontak erat.

Jika kriteria di atas tidak cocok dan seseorang masih berstatus warna hitam, silahkan hubungi Call Center 119 ext. 9 atau email [email protected]

Contoh Perhitungan Hari Kapan Status Hitam di PeduliLindungi Hilang

Berikut contoh perhitungan hari kapan status hitam di PeduliLindungi hilang.

Adi tes swab PCR pada 15 Februari 2022. Hasil tes PCR Adi baru keluar pada 16 Februari 2022 dan dinyatakan positif Covid-19. Perhitungan hari dimulai berdasarkan tanggal hasil lab keluar, berarti H+1 dihitung pada hari berikutnya, yaitu tanggal 17 Februari 2022.

H+0 16 Februari 2022 hasil lab keluar
H+1 17 Februari 2022
H+2 18 Februari 2022
H+3 19 Februari 2022
H+4 20 Februari 2022
H+5 21 Februari 2022 mulai exit tes PCR pertama
H+6 22 Februari 2022
  • Jika hasil exit test pertama negatif, dapat melakukan exit test PCR kedua
  • Harus ada jeda minimal 24 jam antara tes pertama dan kedua
  • Jika hasil exit test kedua negatif, maka status akan kembali seperti semula setelah hasil exit test negatif masuk ke PeduliLindungi dan kasus konfirmasi dianggap sembuh
H+7 23 Februari 2022
H+8-H+9 24-25 Februari 2022
H+10 26 Februari 2022
  • Jika kasus konfirmasi tidak melakukan exit test, maka status warna akan kembali seperti semula

Kapan status hitam di PeduliLindungi hilang kini sudah diketahui. Adapun arti warna lainnya dapat dilihat di halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: Covid-19 Ngegas, Satgas Minta Pengusaha Awasi PeduliLindungi Pengunjungnya

[Gambas:Video 20detik]

Leave a Reply

Your email address will not be published.