Plug and Play mengumumkan 17 startup angkatan ke-3 yang akan mereka akselerasi.

Kali ini, startup yang masuk tidak hanya startup early stage, namun juga startup later stage yang dipandang inovatif dan bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.

“Inovasi ini akan mengubah cara kita berinteraksi, belajar, bekerja, hingga cara kita hidup, dan bahkan mengubah masa depan. Mulai dari teknologi yang bisa membuat pengiriman vaksin dan darah ke iaremote area dengan drone sampai dengan aerial spectral imagery untuk agrikultur yang menampilkan informasi dengan akurasi tinggi mengenai air, nutrisi, dan sebagainya,” ungkap Wesley Harjono, Managing Director Plug and Play Indonesia.

Berdasarkan pengalaman dalam membangun ekosistem startup Indonesia dua tahun terakhir, GK-Plug and Play menilai kualitas startup di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan pembagian industri startup yang mendaftarkan diri di program GK-Plug and Play, Wesley menilai beberapa tahun belakangan ini kebanyakan startup berfokus pada service dan software, namun beberapa waktu terakhir ini lebih banyak startup yang mulai merancang produk atau hardware di bidang Agriculture, Internet of Things (IoT), Mobility, dan Sustainability. Berikut ini profil singkat dari 17 startup tersebut.

1. Asura

Asura merupakan platform yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya. Setelah pengguna memasukkan data, Asura kemudian melakukan analisa untuk memberikan rekomendasi produk asuransi yang tepat. Saat ini, Asura telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan Asuransi ternama di dunia.

2. AeroEnvoy

AeroEnvoy mengirimkan berbagai suplai medis seperti darah dan vaksin melalui drone ke rumah sakit dan klinik di daerah pedesaan untuk memotong waktu pengiriman.

3. Teknojek

Teknojek merupakan merupakan mobile application pertama yang bekerja dengan sistem pyramid scheme di mana driver dapat merekrut pengemudi lainnya untuk menjadi bagian dari jaringannya.

4. Bildeco

Bildeco merupakan e-commerce bahan bangunan pertama di Indonesia yang menghubungkan pembeli dengan seluruh lini distribusi dari produsen bahan bangunan secara mudah, murah dan efisien. Bildeco hadir dengan beragam produk-produk mulai dari kebutuhan material pekerjaan sampai dengan finishing. Selain itu, Bildeco juga melayani berapa pun besarnya kebutuhan pengguna dengan harga yang kompetitif dan memastikan keaslian produk yang dibeli. Bildeco juga melayani pengiriman ke lokasi yang diinginkan dengan mitra logistik.

Next: Bahasa.Ai, Halofina, Gradana dan Merapi Tani