Ambisi Juara dan Realita Persija Jakarta


Jakarta

Persija Jakarta sempat menargetkan gelar juara BRI Liga 1 2021. Pada perjalanannya target itu direvisi ke tiga besar dan itu pun tampaknya akan berubah lagi.

Target tiga besar dicanangkan setelah peluang menjuarai Liga 1 sudah terlalu jauh. Secara matematis, target juara sudah tak bisa dikejar karena jauhnya selisih poin mereka dengan Bali United di puncak klasemen.

Cuma sembilan kemenangan yang berhasil diraih Andritany Ardhiyasa Cs sejauh ini. Alhasil Macan Kemayoran harus puas menempati posisi kedelapan dengan 38 poin.

Mereka berjarak 20 poin dengan Arema FC yang menempati peringkat ketiga dengan 58 angka. Gap poin dengan Bali United bahkan berjarak 25 angka.

Poin maksimal yang bisa diraih Persija Jakarta pada akhir musim adalah 53 poin. Artinya, mengakhiri musim di tiga besar pun tidak akan tercapai.

“Kami masih ada enam pertandingan lagi, kalau hitung-hitungan memang berat untuk berada di peringkat ketiga,” kata Pelatih Persija Sudirman seusai laga kontra Bali United, Minggu (6/3/2022).

“Tetapi paling tidak kami punya target selalu memenangkan pertandingan di enam laga sisa ini. Kami sudah bertekad untuk mencari poin dalam setiap laga ini dengan meraih poin maksimal,” ujarnya.

Target juara sempat dicanangkan Persija sebelum Liga 1 digelar. Saat itu Persija optimistis karena modal pelatih Angelo Alessio dan materi pemain yang ada untuk mengarungi Liga 1.

“Karena target kami juara. Kami siap saja dengan semua kemungkinan,” kata Presiden Persija Mohamad Prapanca pada Mei 2021.

Harapan tidak seindah realita, Persija Jakarta sulit meraih kemenangan dalam tiga awal Liga 1. Sampai pekan ke-29, inkonsistensi Persija terus terjadi.

Terkini, Persija baru saja menjalani tiga laga tanpa kemenangan. Dua di antaranya bahkan berakhir dengan kekalahan yang makin membuat target ke tiga besar juga akan sulit digapai.

Selanjutnya, Persija akan menghadapi Borneo FC pada pekan ke-30 Liga 1. Sama seperti Persija, Borneo juga sudah tertutup peluangnya untuk menembus tiga besar.

“Yang terpenting adalah siapapun pemain yang akan turun akan memberikan sesuatu motivasi besar dari awal hingga akhir untuk memenangkan pertandingan. Masalah hasil itu nanti belakangan. Ya pastinya kami menargetkan tiga poin,” ucap Sudirman.

(aff/krs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.