Semakin banyaknya anak muda yang menjadi kreator, inovator, dan wirausahawan yang mengembangkan industri digital, maka semakin dibutuhkan banyak ruang untuk membuat mereka saling berkolaborasi. 

Perkembangan industri teknologi dan startup di Indonesia terus tumbuh. Terlihat dari 250 juta orang yang menjadi populasi, Indonesia memiliki 133 juta pengguna internet, di mana 115 juta di antaranya adalah pengguna media sosial secara aktif. Indonesia juga sedang memiliki bonus demografi, karena 54% dari total penduduk adalah generasi milenial, yakni mereka yang berusia antara 18-35 tahun dan melek teknologi.

Dengan majunya perkembangan industri digital di Indonesia, semakin banyak juga bermunculan ruang-ruang yang memungkinkan kolaborasi kreatif seperti coworking space. Salah satu coworking space yang baru diluncurkan di Jakarta adalah Ruang & Tempo. Tempat ini merupakan hasil kerja sama Tempo dan Kibar menggandeng Kumpul. Ruang & Tempo dibuat mewakili semangat pemuda-pemudi Indonesia dalam melewati berbagai batu loncatan demi mencapai Indonesia yang utuh.

ruang3

“Harus ada lebih banyak ruang-ruang seperti ini di Indonesia agar anak-anak muda bisa lebih banyak menghasilkan kolaborasi karya yang kreatif,” ujar Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia.

Ruang & Tempo dibangun untuk membuka peluang kolaborasi anak muda Indonesia dengan para praktisi media, komunikasi, dan berbagai komunitas kreatif dalam ekosistem digital. Berbagai fasilitas yang ada di tempat ini antara lain area event, ruang meeting, serta akses internet 24 jam.

“KIBAR, sebagai pengembang ekosistem startup, percaya bahwa kolaborasi merupakan kunci untuk menumbuhkan inovasi. Kerja sama dengan Tempo ini merupakan komitmen kami untuk terus mengembangkan ekosistem startup Indonesia dan mengibarkan talenta Indonesia hingga ke tingkat global,” kata Yansen Kamto, Chief Executive KIBAR.

Dari kiri ke kanan: Yansen Kamto, Arif Zulkifli, Mardiyah Chamim, Tety Sianipar, Hanung Bramantyo, Triawan Munaf, Faye Alund, dan Budi Setyarso. (Dok. Kumpul)
Dari kiri ke kanan: Yansen Kamto, Arif Zulkifli, Mardiyah Chamim, Tety Sianipar, Hanung Bramantyo, Triawan Munaf, Faye Alund, dan Budi Setyarso. (Dok. Kumpul)

Tempat ini dikelola oleh Kumpul. Kumpul adalah perusahaan manajemen coworking dan komunitas yang membuka peluang kepada para pegiatnya untuk menjalin relasi dan kolaborasi dengan mitra-mitra yang relevan.

“Untuk mengembangkan industri digital, anak muda yang merupakan kreator, inovator, maupun wirausahawan perlu didukung dengan pondasi dan sistem penunjang yang lengkap. Salah satu fungsi coworking space adalah untuk memberikan akses bagi para anak muda ini kepada jaringan komunitas, mentor serta berbagai pihak yang dapat mendorong dan membantu mewujudkan potensi mereka,” ujar Faye Alund, Chief Executive dan Co-founder Kumpul.

Konsep yang ditawarkan di dalam Ruang & Tempo adalah perjuangan pemuda yang tidak lain adalah pemegang nasib sebuah bangsa. Kreator-kreator muda berbakat turut mendesain tiap sudut lantai 8 Gedung Tempo ini. Mereka menyulapnya menjadi sebuah rentetan cerita yang terbagi menjadi tiga area besar bertema “Bangkit”, “Bersatu”, dan “Berjuang”.

ruang2
“Indonesia 2045” karya Ngurah Yudha di coworking space Ruang & Tempo. (Foto: Aprillia Ramadhina/Hitsss.com)

Di salah satu sudut ruangan ada mural bergambar Garuda yang di dalamnya ada angka 2045 berjudul “Indonesia 2045” yang dibuat oleh Ngurah Yudha. Karya ini merupakan penggambaran akan Indonesia yang utuh menuju 100 tahun kemerdekaan Indonesia di tahun 2045. Mewakili kesejahteraan Indonesia dengan menggambarkan 6 sektor yang menjadi pusat pembangunan Indonesia yaitu: agrikultur, pendidikan, pariwisata, kesehatan, logistik, dan energi.

Ada banyak mural lain di dindingnya. Seperti di lounge area Bangkit, ada gambar Hos. Tjokroaminoto, Moh Hatta, dan Yap Thiam Hien. Juga ada quotes seperti “Terbentur, Terbentur, Terbentur Terbentuk” dari Tan Malaka, dan “Menulis adalah Kerja Keabadian” dari Pramoedya Ananta Toer.

ruang1
(Foto: Aprillia Ramadhina/Hitsss.com)

Ke depannya, ruang & tempo ingin menjadi wadah yang dapat terus mencetuskan semangat dan energi bagi anak muda Indonesia yang mau berkarya dan berkontribusi terhadap perkembangan ekosistem digital dan kreatif di Indonesia. (AR)