Refleksi diri atau self reflect bagi para pebisnis penting untuk dilakukan agar bisnisnya berjalan dan berkembang dengan baik.

Dalam kesibukan menjalankan startup, jarang sekali seorang founder memiliki waktu untuk berhenti sejenak dan merefleksikan tentang apa yang telah mereka lakukan serta ada di titik mana keadaan mereka sekarang dalam perjalanan membangun bisnis mereka.

Peter Gasca, konsultan bisnis startup yang juga menulis buku One Million Frogs: Lessons About Entrepreneurship Learned the Hard Way (2016) mengatakan banyak penelitian telah menunjukkan bahwa proses memahami pikiran dan perasaan kita, membantu kita belajar menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi lebih sadar diri. Ketika refleksi diri (self reflect) diterapkan secara teratur, ini dapat membantu meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kesejahteraan secara menyeluruh.

Shahab Shabibi, co-founder dan CEO MyKuya, aplikasi jasa asisten personal mengatakan bahwa sangat penting untuk melakukan refleksi diri sesering mungkin. Menurutnya, terjebak dalam pekerjaan sehari-hari mengurangi kesempatan untuk mengevaluasi dasar-dasar dalam hidup dan berbisnis.  Padahal, ini penting untuk melihat kembali sejauh apa hal-hal yang perlu diperbaiki dari cara kita bekerja dan menjalankan bisnis.

Next: Tiga Pertanyaan Penting untuk Self-Reflect