Bagi Ben Soebiakto, Founder dan Managing Partner Benson Capital, leadership adalah tentang mengelola ego sebagai pemimpin dalam mengatur tim serta perusahaan.

Kini semakin banyak orang yang lebih tertarik untuk menggeluti dunia bisnis, daripada menjadi karyawan dalam suatu perusahaan. Kesuksesan secara finansial dalam berbisnis mungkin salah satu faktor pendukungnya. Namun kesuksesan yang diraih bukanlah hal yang mudah dan instan. Terbukti banyak entrepreneur tanah air yang harus melalui jalan panjang berliku sebelum meraih kesuksesan, salah satunya adalah Ben Soebiakto.

Lelaki yang akrab disapa Ben ini merupakan salah satu entrepreneur muda yang sempat mengalami jatuh-bangun sebelum akhirnya menorehkan kesuksesan dalam hidupnya. Sempat tidak naik kelas di masa SMA, bukan menjadi penghalang baginya untuk meraih kesuksesan.

Semenjak SMA, memang tidak ada bidang lain yang menarik untuknya selain dunia desain dan seni. Nilai pelajaran keseniannya selalu mengagumkan, namun tidak untuk mata pelajaran lain. Enam bulan setelah tidak naik kelas, ia ditawari oleh Ketua OSIS di sekolahnya untuk membuat sebuah perusahaan desain bernama Magic Design, seperti pembuatan brosur, poster dan apapun yang berhubungan dengan desain.

Karena kegigihan dan ketekunannya, hingga kini jiwa entrepreneurship Ben terbukti terus melekat dalam dirinya. Ia sukses melebarkan sayap binisnya ke dunia gaya hidup, media, teknologi, food and beverage serta menjadi investor untuk sejumlah startup tanah air. Sejumlah perusahaan ternama di mana Ben terlibat di dalamnya, seperti Benson Capital, Octovate Group, dan juga KapanLagi Network, merupakan bukti konkret dan hasil kerja kerasnya dalam merintis dunia bisnis.

Next: Pentingnya mengatur ego dalam berbisnis…