Vision board bisa membantumu mencapai semua tujuan yang kamu inginkan. Karena dengan visualisasi, kamu akan fokus pada langkah yang harus kamu lakukan.

Vision board merupakan kolase dari gambar atau kata-kata visual yang mewakili kehidupan yang kamu inginkan. Secara harfiah, ini adalah representasi nyata dari visi yang kamu miliki untuk diri sendiri. Visualisasi ini salah satu cara kamu melatih pikiran untuk lebih kuat agar tujuanmu dapat tercapai.

Kamu bisa meletakkannya di tempat yang mudah kamu lihat setiap harinya, seperti di ruang kerja kamu di rumah atau di kantor. Dengan melihatnya setiap hari, maka setiap apa yang kamu kerjakan, akan kamu pertimbangkan dengan baik dampak ke depannya. Kamu pun akan berhati-hati dalam membuat sebuah keputusan dan fokus hanya kepada hal-hal yang berkaitan dengan impian masa depanmu.

Lalu, bagaimana vision board ini bekerja?

Misalnya, kamu ingin pergi ke luar negeri, kemudian kamu menuliskannya pada vision board untuk mengingatkan bahwa suatu hari nanti kamu akan ke sana. Ketika kamu terus memberikan perhatian pada hal-hal yang kamu inginkan, kamu akan menarik hal-hal yang akan membantumu mencapai tujuanmu. Berikut ini alasan mengapa vision board sangat penting, terutama untuk seorang pemimpin.

1. Motivasi

Ketika kamu membuat sebuah vision board, tentunya ini akan menginspirasi kamu dalam menjalankan setiap pekerjaan. Karena tujuan dari vision board adalah untuk mewujudkan semua tujuan-tujuan yang ingin kamu raih. Untuk memulai membuatnya, pikirkan baik-baik apa tujuan kamu, baik itu tujuan dalam sebuah hubungan, karir, keuangan, dan pertumbuhan pribadi (termasuk spiritualitas, kehidupan sosial, pendidikan, dan kesehatan).

Karena dengan memikirkan tujuan ini, kamu akan terus termotivasi setiap harinya. Kamu hanya perlu memfokuskan pekerjaan kamu untuk mencapai tujuan yang kamu tulis dalam vision board tersebut. Kamu pun akan termotivasi untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik setiap harinya.

2. Selalu menetapkan tujuan baru

Jika kamu sering menetapkan sebuah tujuan tetapi tidak pernah mencapainya, maka kamu membutuhkan vision board. Tuliskan tujuan yang realistis dan spesifik. Setiap tujuan yang kamu buat haruslah menginspirasi diri kamu sendiri untuk bergerak maju. Kamu bisa menuliskan tujuan kamu dalam jangka pendek untuk memudahkan kamu dalam mencapai tujuan tersebut.

Ketika satu tujuan telah tercapai, maka kamu bisa melanjutkan pada tujuan-tujuan lainnya. Kamu akan terus termotivasi setiap harinya untuk memulai tujuan-tujuan baru yang dapat membuat masa depanmu lebih cemerlang.

Next: Vision board membantu kamu untuk keluar dari zona nyaman