Kemajuan teknologi digital memungkinkan tiap orang mendirikan usaha rintisan. Namun, ada 3 hal yang harus menjadi fokus perhatian.  Apa saja? Berikut ulasannya.

Local Startup Fest 2.0 yang diadakan pada 18-19 Oktober 2017 lalu, memberi pengetahuan dan wawasan terkini perihal membangun bisnis rintisan.

Dari sekian banyaknya materi seminar, ditemukan 3 hal yang harus menjadi perhatian utama pebisnis startup saat membangun bisnis mereka. Hitsss merangkumnya untuk kamu.

1. Fokus pada customer"No Customer"

Hadirnya usaha rintisan karena pemiliknya tentu telah siap dengan produknya. Namun karena keinginan mendapatkan produk ideal dan sempurna, mereka tidak fokus untuk menjaring customer sedari awal.

Idealnya, startup memiliki perbandingan 50:50 antara mengembangkan produk dengan menjaring pelanggan. Setiap pebisnis rintisan harus memikirkan marketing channel yang akan dipilih; riset target customer; dan terakhir terbentuknya marketing awareness. 

“Semakin banyak yang aware, semakin banyak kemungkinan purchase,” tutur Mandy Purwa Hartono saat memberikan materi di Mini Stage 2, Local Startups Festival 2.0.

Baca halaman selanjutnya: Pertajam model bisnis…