Sirkuit Internasional Bintan untuk Formula 1 Dipastikan Miliki 18 Tikungan


TEMPO.CO, Jakarta – Sirkuit Internasional Bintan untuk gelaran Formula 1 dipastikan bakal hadir di Lagoi, Kepulauan Riau. Nantinya lintasan ini diketahui akan memiliki 18 tikungan.

Hal itu dibenarkan langsung oleh Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Dirinya juga menjelaskan bahwa Sirkuit F1 Bintan ini juga bisa digunakan untuk balapan internasional lainnya.

“Direncanakan dalam lintasan sirkuit ada 17 tikungan untuk Motor Roda Dua, serta 18 tikungan untuk Formula 1. Tim konsorsium saat ini sedang mematangkan rencana pengembangan bisnis di kawasan Bintan International Circuit,” kata dia, dikutip dari akun Instagram @sirkuitinternasionalbintan.

Kepastian itu dihasilkan dari pertemuannya dengan Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dan Executive Director of Gallant Venture Pte LTD Frans Gunara, di Jakarta, Kamis, 14 April 2022.

“Selain penentuan lokasi, pihak Populous sebagai konsultan internasional dari Inggris yang menangani landscape design kawasan sirkuit juga sudah mematangkan Detail Engineering Design (DED), termasuk desain lintasan/track sirkuit,” ujar dia menambahkan.

Bamsoet sendiri berencana untuk merampungkan perencanaan pembangunan Sirkuit F1 Bintan pada Mei 2022. Bahkan sebelumnya ia meyakini bakal menyelesaikan proses DED landscape pembangunan Bintan International Circuit pada 20 April 2022.

“Ditargetkan pada Mei 2022 seluruh perencanaan bisnisnya sudah selesai, sehingga Presiden Joko Widodo sekaligus Bapak Otomotif Indonesia sudah bisa melakukan ground breaking pembangunan Bintan International Circuit,” tutup Bamsoet.

Baca juga: PLN dan SMKN 3 Mataram Berencana Menyiapkan SDM Kendaraan Listrik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.