Marak Diimpor, Berapa Masa Pakai Baterai Motor Listrik?


Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan konversi 1.000 unit sepeda motor berbahan bakar minyak menjadi bertenaga listrik pada tahun 2022.

Implementasi konversi sepeda motor berbahan bakar konvensional menjadi bertenaga listrik bertujuan untuk mempercepat strategi menuju Net Zero Emission pada 2060. Pada 2021, Kementerian ESDM telah melakukan konversi 100 unit sepeda motor. Pada 2030, Kementerian ESDM berencana untuk melakukan konversi sepeda motor sebanyak 13 juta unit.

Motor listrik digerakkan dengan tenaga penggerak berupa baterai yang dapat diisi ulang. Baterai yang digunakan pada motor listrik biasanya memiliki harga yang mahal. Harga baterai motor listrik bahkan bisa mencapai hampir setengah dari harga unit motornya.

Sebenarnya, berapa lama masa pakai baterai pada motor listrik? Karena, apabila masa pakai baterai motor listrik ini pendek akan memberatkan pemilik dalam hal perawatan.

Terkait hal tersebut, Manager E-Motor Division PT Terang Dunia Nusantara (United Bike), Awan Setiawan memberikan penjelasan. Menurutnya, usia pakai baterai pada motor listrik, berkisar antara 3 hingga 5 tahun.

“Kalau dilihat dari waktunya, usia pakai baterai motor listrik itu biasanya 3-5 tahun pemakaian,” jelas Awan, dalam keterangannya yang dikutip Rabu (16/02/2022).

Akan tetapi masa pakai tersebut merupakan sebatas perkiraan kasar saja. Sebab banyak faktor yang mempengaruhi masa pakai baterai motor listrik.

Faktor utama yang mempengaruhi masa pakai baterai motor listrik adalah cara pemakaian, seperti banyaknya baterai dicharge.

“Jadi di baterai itu ada spesifikasinya berapa cycle atau berapa kali siklus pengisian. Untuk motor listrik United T1800 pakai baterai yang punya 900 cycle atau siklus pengisian,” papar Awan.

Sehingga, apabila dalam satu hari pengguna melakukan 1 kali siklus pengisian, usia baterai bisa bertahan 900 hari atau kurang lebih 3 tahun pemakaian.


Konten Premium

Masuk / Daftar

Leave a Reply

Your email address will not be published.