Joan Mir Terkesan dengan Tikungan di Sirkuit Mandalika, Kenapa?


TEMPO.CO, Jakarta – Pembalap tim pabrikan Suzuki Ecstar Joan Mir mengatakan bahwa Sirkuit Mandalika adalah lintasan yang bagus. Hal itu ia ungkapkan setelah menyelesaikan sesi tes pramusim MotoGP Mandalika pada Jumat, 11 Februari 2022.

Menurut dia, ada bagian khusus yang membuatnya terkesan dengan Sirkuit Mandalika. Salah satunya di Tikungan 2, yang mengharuskan pembalap MotoGP benar-benar cepat. Sedangkan pada Tikungan 1 dan 16, rider diharuskan harus pelan.

“Sehingga ada kombinasinya. Jadi saya menikmatinya,” kata Joan Mir selesai tes pramusim MotoGP Mandalika hari pertama, di Media Center Pertamina Mandalika International Street Circuit, Jumat, 11 Februari 2022.

Sewaktu ditanya cocok tidaknya dengan lintasan tersebut, sang pembalap mengatakaan tidak terlalu buruk. Menurutnya, Tikungan 2 dan 3 itu tentang flow sehingga ia merasa cocok dan kuat saat menjalani tes pramusim MotoGP Mandalika.

Joan Mir menyebutkan tikungan itu tidak mudah karena pembalap MotoGP harus mempersiapkan diri setelah melewati Tikungan 1. Menurutnya, sangat penting bagi rider untuk mengambil ancang-ancang sebelum menyambut tikungan-tikungan berikutnya.

“Karena biasanya dengan perubahan arah (direction) dan biasanya berganti flow dengan motor kita,” ujarnya mejelaskan. “Sehingga kita dapat mengatasinya.”

Tikungan terbaik adalah, lanjut Joan Mir, tikungan terpanjang yang ada di Sirkuit Mandalika. Di sana, pembalap bisa memiliki kecepataan yang tidak tinggi tapi ketat. Ia pun menyebut kondisi itu mirip dengan sirkuit di Argentina.

Joan Mir sebelumnya sempat menduga bahwa Tikungan 1 di Sirkuit Mandalika agak berbahaya. Mengingat aspal di Tikungan 1 yang masih baru dan banyak grip sehingga ia merasakan perbedaan dengan tikungan lainnya. “Saya duga licin, ternyata tidak,’’ katanya.

Pertamina Mandalika International Street Circuit sendiri diketahui memiliki 17 tikungan yang terdiri dari 11 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Saat ini, Sirkuit Mandalika masih menggelar tes pramusim MotoGP Mandalika hingga Minggu, 13 Februari 2022.

Baca: Tak Permasalahkan Lintasan Kotor, Alex Rins Senang Tampil di Sirkuit Mandalika

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

SUPRIYANTHO KHAFID

Leave a Reply

Your email address will not be published.