Jakarta Auto Week 2022: Produsen Mobil Asal Jerman Absen, Ada Apa?


Bisnis.com, JAKARTA – Pameran mobil Jakarta Auto Week (JAW) yang berlangsung sampai dengan 20 Maret 2022 akan menampilkan 13 produsen mobil, tetapi dalam pameran ini produsen mobil asal Jerman absen.

 Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara JAW 2022  Rizwan Alamsjah mengatakan alasan produsen mobil Jerman seperti Mercedes-Benz dan BMW tidak hadir di pameran yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) dan Kementerian Perindustrian dikarenakan alasan budget.

“Untuk merek mobil dari Jerman tidak bisa ikut pada GJAW kali ini, alasannya karena budget,” ujar Rizwan pada Media baru baru ini.

Rizwan juga mengatakan ada beberapa beberapa Agen Pemegang Merek (APM) yang sangat antusias untuk mengikuti pameran JAW 2022.

“Kalau GIIAS mereka sudah siap, bujet sudah ada, tapi karena ini {JAW} baru pertama kali dan penting bagi Gaikindo karena pendekatannya adalah penjualan memang ada beberapa APM yang tidak siap untuk bajet-nya,” jelas Rizwan

Rizwan menutup sambil mengatakan beberapa APM mengatakan apabila pemerannya di April, APM tersebut akan ikut dikarenakan budget awal tahun sudah habis.

“Mobil kendaraan dari Jerman BMW dan Mercedes tidak bisa ikut pada Jakarta Auto Week. Alasannya simpel saja, karena budget,” tutup Rizwan.

Adapun pameran JAW ini difokuskan pada penjualan mobil dan penawaran-penawaran menarik. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi. 

Menurut Nangoi selama ini  pemerintah telah banyak membantu industri otomotif melewati masa pandemi. Hal ini terlihat dengan penjualan pada Desember 2021 , penjualan mobil mencapai 100 ribu unit dikarenakan adanya insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBm DTP).

“Tapi rasanya juga harus sadar diri, pelan – pelan mulai bangkit tanpa bantuan dari pemerintah. Maka dari itu kami lakukan pameran ini khusus untuk hard selling,”jelas Nangoi

Dia juga mengatakan bahwa pameran Jakarta Auto Week merupakan ajang promo otomotif. Gaikindo berharap pameran ini akan memicu penjualan otomotif awal tahun secara maksimal. 

 Pameran ini akan diikuti oleh 13 produsen mobil yaitu, Daihatsu, Honda, Isuzu, Kia, Lexus, Mazda, Morris Garage (MG), Mitsubishi, Nissan,Suzuki, Toyota dan Wuling.


Konten Premium

Masuk / Daftar

Leave a Reply

Your email address will not be published.