Dampak Pandemi pada Jaringan Pasokan Chip Semikonduktor yang Menghambat Kebangkitan Otomotif


ZONA PRIANGAN – Pembatasan berbagai aktivitas terkait diberlakukannya pandemi Covid-19, sejak awal berpengaruh negatif pada jaringan pasokan chip semikonduktor untuk fungsi elektronik produk otomotif.

Akibatnya, krisis atau kelangkaan chip semikonduktor terjadi dan menghambat kebangkitan otomotif secara global – termasuk di Indonesia.

Kondisi ini dirasakan pula oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) yang mengaku bahwa permintaan konsumen yang mulai meningkat sejak 2021 hingga kini tidak bisa cepat diimbangi dengan ketersediaan produk.

Baca Juga: Honda Mulai Produksi Pertama All New BR-V di Pabrik PT HPM Karawang Jawa Barat untuk Pasar Domestik dan Ekspor

“Seluruh model Honda yang diproduksi di Indonesia, dari mulai Brio hingga CR-V memiliki fitur dan teknologi yang membutuhkan chip semikonduktor,” kata Julian Karfili, PR & Digital Manager HPM saat digelar diskusi otomotif yang digelar secara virtual oleh Forum Wartawan Otomotif (Forwot) bertajuk, ‘Pasar Otomotif & Global Supply Chain’ Selasa 15 Februari 2022.

Chip semikonduktor pada produk Honda, lanjut pria yang akrab disapa Arfi tersebut, adalah komponen dasar untuk seluruh fungsi elektronik, termasuk untuk fitur Safety (parking, assistance, airbag), Chasis (steering/EPS, Brake/ABS, chasis control).

Bagaimana Honda menggunakan chip semikonduktor? Komponen ini digunakan untuk seluruh fungsi elektronik, di mana Seluruh model Honda yang diproduksi di Indonesia, dari mulai Brio hingga CR-V memiliki fitur dan teknologi yang membutuhkan chip semikonduktor./

Bagaimana Honda menggunakan chip semikonduktor? Komponen ini digunakan untuk seluruh fungsi elektronik, di mana Seluruh model Honda yang diproduksi di Indonesia, dari mulai Brio hingga CR-V memiliki fitur dan teknologi yang membutuhkan chip semikonduktor./ PT HPM

Juga komponen dasar untuk fitur Infotainment dashboard, car audio, connectivity audio, entertainment), Body (power door, power window, seat control) serta Electronic system & Power train (battery starter, lighting, engine, transmission).

Baca Juga: Menjajal Performa All New Honda BR-V di Tanjakan Sekaligus Mengenal Fitur Honda Sensing yang Canggih

Leave a Reply

Your email address will not be published.