Bus Terbakar di Tol Pandaan – Malang, Diduga Akibat Penumpang Charge Powerbank


TEMPO.CO, Jakarta – Sebuah bus terbakar di jalan Tol Pandaan-Malang, Jawa Timur, pada Minggu, 6 Maret 2022, sekitar pukul 07.30 WIB. Bus pariwisata ini mengangkut rombongan wisatawan berjumlah 48 orang.

Berdasarkan keterangan Kepala Unit PJR Jatim 4 Inspektur Satu Sudirman, kebakaran bus pariwisata itu pertama kali terjadi di bagian belakang bus. Namun belum diketahui penyebab munculnya api.

Dikabarkan bus terbakar pariwisata tersebut disebabkan penggunaan arus daya yang tidak sesuai. Salah satu penumpang diduga mengisi daya powerbank di bus.

“Api berhasil dipadamkan dan seluruh penumpang berhasil dievakuasi ke exit Tol Purwodadi. Alhamdulillah seluruh penumpang sebanyak 48 orang selamat,” kata Sudirman, dikutip dari Tempo.co hari ini, Senin, 7 Maret 2022.

Berdasarkan video bus terbakar yang beredar, bus nopol K 1670 EW ini terbakar di KM 60.800 Pandaan-Malang. Bus milik PT Subur Jaya Mandiri Bersama ini terbakar dalam perjalanan menuju Malang.

Saat bus terbakar, pengemudi Joko Umbaran mencoba memadamkan api dengan 8 APAR yang tersedia di dalam bus. Namun api yang berkobar cukup besar dan tidak bisa dipadamkan menggunakan APAR. Kepolisian tengah menyelidiki penyebab kebakaran bus pariwisata tadi.

Baca: 3 Penyebab Kecelakaan Bus Terbakar versi KNKT Terbaru

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.