Berkembang Pesat, Penjualan Kendaraan Listrik Melonjak 2 Kali Lipat pada 2021


Liputan6.com, Jakarta – Penjualan kendaraan listrik secara global selama dua tahun terakhir melonjak cukup tajam. Tercatat, terjadi peningkatan dua kali lipat dari 3 juta unit pada 2020 menjadi 6,6 juta unit pada 2021. Data ini, berdasarkan sebuah laporan dari International Energy Agency, yang dirilis Paultan, Jumat (11/2/2022).

Jumlah penjualan tersebut, menjadikan pangsa pasar kendaraan listrik hampir 9 persen dari seluruh kendaraan penumpang yang terjual pada 2021. Bahkan, angka ini naik hampir tiga kali lipat dari dua tahun sebelumnya.

Pertumbuhan volume yang signifikan untuk segmen kendaraan listrik dalam tiga tahun terakhir ini, terjadi selama pandemi karena produsen otomotif berjuang dengan krisis rantai pasokan. Penjualan kendaraan listrik pada akhir tahun juga lebih kuat, karena volume pada Desember di tiga pasar teratas melonjak 2,5 kali dibanding Januari.

Sepanjang 2021, penjualan bulanan kendaraan listrik telah konsisten atau setidaknya 50 persen lebih tinggi dari bulan yang sama pada 2020.

Sekitar 16 juta unit kendaraan listrik diperkirakan berada di jalan secara global, dan secara kolektif mengonsumsi sekitar 30 terawatt-jam (TWh) listrik setiap tahun atau sama dengan semua listrik yang dihasilkan di Irlandia.

Cina memimpin pasar global dalam hal pertumbuhan volume kendaraan listrik dengan keuntungan besar, mencatat 3,4 juta unit penjualan pada 2021 atau lebih dari volume yang terjual di seluruh dunia pada 2020, menurut IEA. Peningkatan tahunan ini adalah kenaikan pasar kendaraan listrik tercepat di Cina sejak 2015, dan juga melampaui pemulihan yang lebih bertahap dari keseluruhan pasar penjualan kendaraan penumpang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kendaraan listrik semakin diminati di AS terpicu oleh tingginya harga BBM dan meningkatnya keprihatinan soal emisi karbon dan pemanasan global. Beragam mobil listrik mutakhir dan inovatif ditampilkan di Pameran Mobil Washington atau Washington Auto S…

Leave a Reply

Your email address will not be published.