7 Tips Ajak Anjing Kesayangan Jalan-jalan Pakai Mobil


TEMPO.CO, Jakarta – Perjalanan bersama anjing kesayangan bisa sangat menantang. Tentu mesti ada persiapan khusus bagi Anda, hewan peliharaan, dan mobil yang akan digunakan.

Anjing bukan hanya teman manusia yang setia. Tapi dia juga membutuhkan gerakan fisik dan tamasya alih-alih hanya di rumah.

Beberapa jenis anjing, termasuk kategori sporting dog, harus selalu beraktifitas atau “gerak badan.” Jika tidak beraktifitas, mudah sakit dan stres yang akan mempengaruhi perilakunya.

Autoblog, dilengkapi reportase dari Kantor Berita Associates Press, memberikan tips perjalanan atau jalan-jalan dengan mobil bersama anjing kesayangan.

Berikut tips yang dikutip hari ini, Senin, 7 Maret 2022:

1. Ajari anjing mencintai mobil
Jauh sebelum perjalanan, berikan anjing peliharaan asosiasi positif dengan mobil. Bawa mereka ke tempat-tempat menarik sehingga mereka tidak melihat mobil sebagai mobil pengiriman langsung ke dokter hewan.

2. Bikin anjing senyaman mungkin
Dr. Natalie Marks, dokter hewan di Rumah Sakit Hewan VCA Blum Chicago, meminta pemilik memastikan anjing kesayangan tidak stres oleh pemandangan, suara, atau gerakan mobil. Pemilik mobil bisa memutar musik klasik dan menyemprotkan feromon untuk membantu relaksasi.

3. Perkirakan waktu perjalanan
Mobil perlu berhenti secara berkala untuk memberi waktu kepada anjing untuk berlarian, kencing, dan menjelajahi semua aroma baru yang menarik.

4. Temukan tempat ramah untuk anjing
Bepergian dengan mobil bersama anjing membutuhkan perencanaan yang lebih matang dan sedikit spontanitas. Pilih tempat pemberhentian yang banyak area rumput dan taman.

5. Kemasi barang anak anjing
Anjing membutuhkan banyak barang saat mereka bepergian, seperti obat-obatan, catatan vaksinasi, kotak P3K anjing, tali, kerah ekstra, tag ID, dan box. Bawalah juga makanan dan air tambahan untuk dua hari berikut wadahnya.

6. Keamanan
Penting mempertimbangkan keselamatan anjing kesayangan dalam bepergian dengan mobil. Seperti tali pengaman, bos, pagar, dan lain-lain.

7. Bersihkan mobil setelah perjalanan
Setelah melakukan perjalanan yang menyenangkan dengan anjing kesayangan, bersihkan mobil dari kotoran akibat tamasya dan bau. Bulu-bulu juga mesti dihilangkan dari mobil.

JOBPIE | AP | AUTOBLOG

Baca: Merayakan Hari Anjing Sedunia dengan Berbagai Pilihan Mobil

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.