Nikmati Serunya Pesta Kreativitas di “CENTRAL PARK & NEO SOHO HITSSS FESTIVAL 2018”

Hitsss.com bekerjasama dengan Central Park mall dan Neo Soho mall menggelar festival kreatif CENTRAL PARK & NEO SOHO HITSSS FESTIVAL 2018.

Industri kreatif terus bertransformasi menjadi kekuatan dan pilar ekonomi baru bagi Indonesia. Seiring waktu, kontribusi industri kreatif dari segi pertumbuhan hingga penyerapan tenaga kerja semakin signifikan. Apalagi didukung dengan basis kekayaan budaya Indonesia yang terus digali menjadi inspirasi, serta kemajuan teknologi saat ini, industri kreatif dengan kekuatan generasi muda di dalamnya, diyakini akan semakin bertumbuh gemilang di masa kini dan masa depan.

Untuk maju dan bertahan di era ekonomi kreatif, tentunya mensyaratkan adanya kreativitas tinggi. Oleh karena itu, gerakan-gerakan untuk terus menumbuhkan kreativitas dan inovasi di kalangan muda dan publik secara umum perlu terus dilakukan.

Hal itulah yang menjadi dasar diselenggarakannya acara “Central Park Neo Soho Hitsss Festival 2018, yang diselenggarakan oleh Hitsss.com, yang dikenal sebagai portal dan komunitas anak muda dan bisnis kreatif, bekerjasama dengan mal Central Park dan Neo Soho. Hitsss Festival 2018 adalah festival kreatif yang mengangkat tema “Celebrating Creativity as a Currency”, berkolaborasi bersama Central Park dan Neo Soho yang menggelar rangkaian acara EPIC 9 ANNIVERSARY: TRIBUTE TO 9TH CENTRAL PARK & 2ND NEO SOHO ANNIVERSARY sepanjang bulan September 2018 ini, yang mana di dalamnya terdapat berbagai macam kegiatan, di antaranya fashion show, live art, art installation, bazaar, workshop, talk sessions, street style performances, hingga awarding night.

Hitsss Fest 2018

“Tema ‘Celebrating Creativity as a Currency’ diangkat untuk terus membangun kesadaran bahwa kreativitas adalah ‘currency’ alias mata uang atau nilai tukar penting dan berharga bagi setiap orang di masa kini dan masa depan. Apapun kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, dari mulai mendesain hingga bermusik, membuat bahasa pemrograman hingga berkecimpung di dunia kuliner, kreativitas perlu terus diasah untuk meraih sukses dalam berbisnis atau dunia profesional, berinteraksi sosial, dan berkontribusi pada masyarakat. Agar suksesnya bukan hanya milik sendiri, tapi juga bisa dinikmati sekitar,” ungkap Dewi Irma, Digital Director Mobiliari Group (Hitsss.com).

Rangkaian acara Hitsss Festival 2018 terdiri dari bazar kreatif yang diisi oleh 30 tenants, terdiri dari booth-booth yang menawarkan produk terkini dari dunia fashion dan F&B, sehingga dalam 3 hari sepanjang Jumat sampai Minggu (7-9 September 2018) di Tribeca Park, pengunjung bisa berbelanja aneka produk, dari mulai pakaian desainer, sepatu sneaker, hingga menikmati jajanan, camilan dan minuman kekinian.

Ada juga live art, yaitu sesi menggambar dari grup seniman kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ) sepanjang 3 hari selama Jumat hingga Minggu (7-9 September 2018) di Tribeca Park. Ada juga art installation dari Rachel Gallery yang bertempat di Neo Soho.

Pada hari Sabtu 8 September 2018 pukul 13:00-17:30 WIB, acara semakin meriah dengan rangkaian bincang-bincang, yaitu, yang pertama adalah bincang-bincang “What’s Next in OTT Streaming Media: The Rise of Original Content Series – Meet & Greet with ‘Halustik’ Casts & Directors” bersama Tara Basro, Richard Kyle, Luthesa, Natalius Chendana, dan Varun Mehta (Country Head Viu Indonesia). Yang kedua adalah bincang-bincang “Sneaker Trends to Kickstart Your Style” bersama Natasha Ratulangi, dan yang ketiga adalah bincang-bincang “Street Workout, Health & Gym Trend for Urban Youth” berkolaborasi dengan komunitas Street Workout Indonesia.

Berlanjut pada Sabtu 8 September 2018 malam hari di Tribeca Park, ada juga street style performances yakni dance dari Dancebox Studio dan Yello Roar, dan calisthenic flash mob dari Street Workout Indonesia. Masih pada Sabtu 8 September 2018 pukul 11:00-15:00 WIB bertempat di Neo Hype @ Neo Soho, ada pula workshop seni bertajuk “Doodle Workshop: New Tricks for Drawing Doodle Art”, berkolaborasi dengan Tauzia Hotels dan Wacom.

Sementara pada hari Minggu 9 September 2018 pukul 12:30-17:30 WIB di Neo Soho (Ground Floor), akan berlangsung Hitsss Talks, yaitu sesi bincang-bincang bersama 17 pembicara para wirausahawan muda, pendiri startup, dan talenta kreatif dari berbagai bidang industri kreatif, di antaranya: Reynir Fauzan (Co-Founder & CMO Kata.ai), Harya Putra (Co-Founder & CEO Warung Pintar), Sarita Sutedja (Founder Upnormal-CRP Group), Charina Prinandita (Co-Founder Eatlah), Reza Ardian (Product Development Manager Juni Records), Taufan Adryan (Head of Short Form & Branded Content Visinema Pictures), Muhammad Egha (Co-Founder & CEO of Delution), Faza Meonk (Co-Founder & Creative Director of Pionicon), Arief Widhiyasa (CEO of Agate), Shinta Uli Nusantara (Co-Founder & CFO of Noesa), Carlson Lau (CEO of Cocowork), Melia Winata (Co-Founder & CMO Du’Anyam), Yohanes Sugihtononugroho (Co-Founder & CEO of Crowde), Garth Parlimbangan (CCO Famous.id), Gerald Sebastian (Founder & CEO Kok Bisa Channel), Denny Santoso (Founder & CEO DigitalMarketer.id), dan Dian O. Wulandari (Co-Founder & COO Instellar Indonesia), yang akan mengupas tentang pencapaian mereka dan bagaimana mereka memaknai #CreativityAsACurrency.

Pada acara puncak di hari Minggu 9 September 2018 mulai dari pukul 18:30 WIB, ada malam penghargaan Hitsss Creative Awards 2018. Sebagai media dan komunitas yang memberi perhatian pada anak muda dan bisnis kreatif, maka tahun ini Hitsss.com menggulirkan Hitsss Creative Awards 2018 sebagai sebuah apresiasi kepada bisnis-bisnis kreatif paling menjanjikan, menginspirasi dan bertumbuh dengan cepat dan pesat.

Adapun proses pemilihannya dilakukan bersama dengan Board of Advisors, yang terdiri dari: Alamanda Shantika (Founder & President Director Binar Academy), Bonnie Susilo (Founder & CEO Food Lab Indonesia), Denny Santoso (Founder & CEO Digitalmarketer.id), Dian O. Wulandari (Co-Founder & COO Instellar Indonesia), Melinda Babyanna (CEO Argo Apparel Group), dan Natali Ardianto (Initiator Startup Lokal, CTO EmasDigi), yang membantu mengurasi para penerima penghargaan tersebut. Pemilihannya didasarkan pada sejumlah indikator, di antaranya pertumbuhan dan pencapaian terkini, inovasi dan kreativitas ide bisnis, prospek pasar, kemampuan berakselerasi cepat, dan potensi berkontribusi pada solusi bermanfaat bagi masyarakat dan pengembangan ekonomi kreatif Indonesia. Akan ada 18 bisnis kreatif dari 9 kategori, yaitu: Tech, Fashion & Design, Film & Music, F&B, Game & Animation, Art & Craft, Services, Social Enterprise, dan Influencers, yang akan diberikan penghargaan Hitsss Creative Awards 2018.

Acara dilanjutkan sesi fashion show berkolaborasi dengan EPIC 9 ANNIVERSARY: TRIBUTE TO 9TH CENTRAL PARK & 2ND NEO SOHO ANNIVERSARY, yang menampilkan peragaan busana dari fashion labels yang bersinar saat ini, yaitu Danjyo Hiyoji, KLÉ, Nikicio, dan MadeInd (MadeInd x Wilsen Willim, MadeInd x Anthony Tandiyono, dan MadeInd x Rinda Salmun). Kemudian berlanjut dengan hiburan dan firework show dari EPIC 9 ANNIVERSARY: TRIBUTE TO 9TH CENTRAL PARK & 2ND NEO SOHO ANNIVERSARY.

Rangkaian acara Hitsss Festival 2018 masih berlanjut dengan sesi workshop seni dan fotografi pada tanggal 15 dan 16 September 2018. Pada intinya, keseluruhan rangkaian acara dikemas sebagai sebuah festival kreatif inspiratif dalam kemasan menyenangkan yang bisa dinikmati kalangan muda dan publik secara umum. Lebih dari itu, melalui acara ini, penyelenggara memberikan wadah untuk dunia kreativitas anak muda dan publik untuk dapat bertemu dan saling berkolaborasi sehingga sama-sama membangun industri kreatif Indonesia.

Acara ini didukung oleh para mitra pendukung, yaitu: Datascrip, Datascrip Creative Tablet, Wacom, Tauzia Hotels, Harris Hotels, Yellow Hotel, Lumix, Toyota, Skechers, Viu Indonesia, Dewaweb, Cocowork, Eatlah, Darling Rock, Gaia, Mineral Botanica, Sunpride, dan Pinot Bakery.

Dan juga para community partners, ada: Kaskus, Cocowork, Artsphere, Startup Lokal, IKJ, Dancebox Studio, Brand Adventure, Streetworkout Indonesia, dan Baramora Academy. Dan juga para media partners, ada: Indonesia Tatler, Metro TV, Medcom.id, Viva, Metrotvnews.com, Kompas.com, Koran Sindo, Sindonews.com, Provoke, Cosmopolitan, HerWorld, CheckInJakarta, PopMama, EventJakarta, EventJournal, EventBanget. (TS)