NFT Punya Potensi Besar, TokoMall Hadirkan Fitur Baru Collectibles


JAKARTA, investor.id– Sejak diluncurkan pada Agustus 2021 lalu, TokoMall memiliki misi untuk memberdayakan potensi kreator lokal Indonesia dalam berbagai bidang kreatif guna mengakses pasar global melalui pemanfaatan NFT. TokoMall melihat, NFT memiliki potensi besar kedepannya mengingat ekosistem industri blockchain yang masih terus bertumbuh hingga jumlah pelaku kreatif berbakat Indonesia yang sangat besar dan beragam.

Dalam mencapai misi tersebut, TokoMall menghadirkan platform NFT marketplace yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan terus melakukan improvisasi berkala dan terbuka dengan feedback dari para pengguna atas platform. Awal tahun ini, TokoMall telah hadir dengan tampilan dan domain website baru yang lebih ramah pengguna dan bisa diakses di www.tokomall.io.

Tidak sebatas itu, kini TokoMall meluncurkan fitur baru yakni Collectibles. Kehadiran fitur ini dapat digunakan sebagai wadah untuk merilis proyek Collectibles baik dari TokoMall maupun proyek dari partner lain yang dibangun di BNB Chain.

Head of TokoMall Thelvia Vennieta mengatakan, fitur baru ini menjadi potensi besar yang harus diseimbangkan dengan edukasi secara tepat bagi masyarakat yang tertarik dengan NFT sebagai kreator ataupun kolektor.

Baca juga: Tokocrypto Buka Tempat Pembelajaran Blockchain “BlockSpace” di Kampus UGM

“Kami berharap dengan hadirnya fitur Collectibles ini TokoMall bisa mengakomodir dan mendorong para kreator untuk terus mengembangkan produk yang tidak terbatas untuk dikoleksi, namun memiliki utilitas jelas dan nilai lebih bagi para calon kolektor,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (15/04/2022).

Dijelaskannya, Collectible items dalam NFT secara sederhana mirip dengan barang koleksi di dunia nyata, bedanya dalam NFT sudah dapat dipastikan keunikan dan kelangkaannya karena tercantum dalam blockchain. Beberapa contoh proyek NFT Collectibles antara lain Top Shots NBA, Bored Ape Yacht Club, Karafuru, dan lainnya.

Thelvia menambahkan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proyek collectibles dapat berjalan dengan baik seperti membuat roadmap yang jelas dan dapat dieksekusi, keterlibatan pemasaran dan komunitas, karya seni dan cerita yang diangkat dari koleksi tersebut, serta memilih blockchain dan marketplace yang tepat agar dapat mendukung roadmap yang sudah dibuat oleh pengembang.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah utilitas apa yang ditawarkan oleh proyek collectibles tersebut. Misalnya seperti AZNVerse, proyek collectibles dari Tokocrypto dan komunitas mengusung utilitas diskon trading bagi para holders.

Melalui fitur Collectibles, pengguna dapat menjelajahi dan memiliki proyek-proyek NFT terbaik, langka dan unik dari semua ekosistem teknologi blockchain hanya ada di TokoMall, seperti Pancake Squad, ONDE NFT, Gator Gang dan masih banyak lagi.

Baca juga: HUT Perdana, TKO dari Tokocrypto Beri Diskon Trading Fee 20%

Salah satu proyek NFT Collectibles yang telah diluncurkan oleh Tokocrypto dengan komunitas yaitu AZNVerse. AZNVerse merupakan proyek NFT Collectibles yang diinisiasi oleh Tokocrypto dan dalam pengembangannya bekerjasama dengan TKO Angels yang merupakan bagian dari komunitas Tokocrypto. Proyek ini lahir dengan misi ingin mendorong kekayaaan budaya komunitas di Asia untuk berdaya dan mencapai kebebasan finansial dengan memanfaatkan NFT sebagai medium dalam mencapai tujuan tersebut.

Adapun, fitur Collectibles dapat diakses dengan mengklik tab di website TokoMall. Dalam fitur tersebut, pengguna akan dapat menemukan sederet proyek collectibles baik dari Tokocrypto atau proyek lain dari para mitra yang telah terintegrasi seperti Pancake Squad, Onde NFT, Gator Gang, Sea Spirit, dan lainnya.

Melalui fitur ini, para kolektor pun bisa menjual kembali NFT mereka dengan memilih untuk menggunakan TKO & BNB sebagai alat tukar guna memiliki koleksi yang ditawarkan. Jika memilih untuk menawarkan di TKO, kolektor harus membeli di TKO. Jika mereka memilih BNB, kolektor juga harus menukarnya dengan BNB.

Adanya fitur baru ini diharapkan semakin bisa memudahkan navigasi para kolektor yang ingin menjelajahi TokoMall dan menjadi nilai tambah bagi partner yang bekerjasama. TokoMall by Tokocrypto kini telah memiliki 14,000+ kolektor, 100+ mitra resmi, dan 15,000+ NFT art. Serta memiliki berbagai kategori yang dibagi dalam Exclusive NFT (TKO Original, TKO Creative, TKO Lifestyle, dan TKO Stars) dan Marketplace.

 

Editor : Lona Olavia ([email protected])

Leave a Reply

Your email address will not be published.