NFT Marketplace Indonesia dan Dunia, Tempat Jual-Beli Aset Digital


NFT atau Non Fungible Token kini tengah menjadi sorotan banyak pihak. NFT adalah aset digital yang menggunakan jaringan blockchain dengan kode identifikasi dan metadata unik serta berbeda. Popularitas NFT turut mempengaruhi kemunculan NFT marketplace Indonesia.

NFT marketplace merupakan tempat atau wadah untuk NFT yang diperjualbelikan. Dengan kata lain NFT marketplace merupakan pasar NFT. Sama halnya dengan komoditas aset lainnya, penjualan NFT juga sangat dipengaruhi kondisi pasar.

Marketplace NFT Indonesia

Di lndonesia saat ini mulai bermunculan marketplace khusus untuk NFT. Apa sajakah nama NFT marketplace Indonesia tersebut? Berikut daftarnya

1. TokoMall

TokoMall merupakan pengembangan Toko Token (TKO) yang dibuat menggunakan jaringan Binance Smart Chain (BSC). Marketplace NFT ini mendukung para seniman digital  kreator dan brand lokal yang ingin mengenalkan produk mereka lewat NFT.

Marketplace ini cukup mudah digunakan. Tak hanya itu, TokoMall juga dapat digunakan untuk menebus barang fisik dari mitra resmi NFT marketplace tersebut.

2. Baliola

Marketplace NFT Indonesia selanjutnya yaitu Baliola. Marketplace ini merupakan paltform buatan kepeng.io cryptocurrency yang dibuat dengan teknologi blockchain. Marketplace ini menjual berbagai jenis produk seniman Bali dengan konsep NFT. Maka dari itu, nama dari platform ini yaitu Baliola. Marketplace ini hadir untuk menghargai karya seniman Bali melalui NFT.

3. Paras.id

Paras.id juga termasuk NFT marketplace Indonesia yang dibuat dengan teknologi blockchain. Platform ini memberikan kepemilikan mutlak dan kelangkaan aset digital. Untuk bisa membeli NFT di Paras.id, pengguna harus menggunakan cryptocurrency NEAR.

Paras.id dikembangkan oleh Rahmat Al Bariqi, Afiq Shofy Ramadhan, dan tim yang seluruhnya merupakan orang Indonesia. Tentu saja hal ini menjadi kebanggaan tersendiri dan harus dimanfaatkan untuk mengembangkan pasar NFT di Indonesia.

4. Kolektibel

Kolektibel merupakan NFT marketplace yang memiliki desain sederhana agar bisa digunakan masyarakat Indonesia dengan mudah dan optimal. Marketplace ini dibuat menggunakan jaringan blockchain Vexanium.

Perlu diketahui bahwa Vexanium merupakan satu-satunya public blockchain asli milik Indonesia dengan entitas legal dalam bentuk yayasan, yakni Yayasan Vexanium Teknologi Nusantara. Yayasan tersebut dibuat oleh Danny Baskara.

5. Enevti

Marketplace NFT yang selanjutnya yaitu Enevti. Pengguna marketplace ini bisa redeem NFT yang lebih berharga dengan memberikan fungsi utilitas eksklusif kepada pemegangnya. Misalnya, pemegang NFT bisa melakukan video call eksklusif, mendapatkan hadiah, sampai memperoleh layanan eksklusif dari pembuat NFT.

NFT Marketplace di Dunia

Di luar negeri, NFT marketplace sudah beberapa tahun yang lalu. Beberapa diantaranya termasuk platform terbaik yang banyak digunakan pemilik NFT untuk bertransaksi.

1. OpenSea

OpenSea merupakan NFT marketplace yang dibuat pada tahun 2017. Marketplace NFT ini dibuat oleh Devin Finzer dan Alex Atallah di New York, Amerika Serikat.

Di platform ini pengguna bisa membuat dan menjual NFT miliknya dengan cara menjual secara keseluruhan atau lewat lelang langsung.

2. Axie Marketplace

NFT marketplace di dunia yang juga banyak digunakan yaitu Axie Marketplace. Platform ini biasanya digunakan untuk membeli video game Axie Infinity.

Melalui marketplace ini pengguna dapat membeli Axies baru, tanah, dan item lainnya sebagai NFT untuk digunakan di game tersebut. Token Axie Infinity disebut Axie Shards. Token ini dibuat menggunakan jaringan blockchain Ethereum. Sehingga, pengguna bisa membeli dan menjual di berbagai pasar NFT lainnya dan di beberapa tempat pertukaran mata uang kripto seperti Coinbase Global.

3. Larva Labs/ CryptoPunks

Marketplace NFT  yaitu Larva Labs. Marketplace ini terkenal setelah mengeluarkan proyek CrypoPunks. Pada mulanya memberikan proyek tersebut secara gratis, namun kini CryptoPunks sudah terjual hingga jutaan dolar dan menjadikan CryptoPunks sebagai NFT termahal di dunia.

Selain itu, Larva Labs juga mempunyai proyek  seni digital lain dan proyek pengembangan aplikasi berbasis blockchain Ethereum.

Cara Beli NFT untuk Pemula

Langkah-langkah membeli NFT di setiap platform biasanya berbeda. Berikut ini cara beli NFT di OpenSea yang bisa dipahami:

  1. Buka opensea.io kemudian login ke akun OpenSea yang Anda miliki. Jika belum mempunyai akun, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu.
  2. Pastikan juga Anda sudah memiliki uang kripto yang terhubung ke NFT marketplace.
  3. Cari NFT yang hendak dibeli.
  4. Klik “Explore” di halaman awal OpenSea.
  5. Apabila NFT yang hendak Anda beli, menerapkan sistem lelang, silahkan klik “Place Bid”. Kemudian masukkan penawaran harga Ethereum.
  6. Tunggu sampai lelang selesai. Jika Anda berhasil mendapatkan NFT tersebut. Silahkan klik “Checkout” dan konfirmasi pembayaran lewat dompet digital uang kripto yang dimiliki.
  7. Apabila NFT yang hendak Anda beli menggunakan sistem jual langsung, maka Anda bisa langsung klik “Buy Now”. Lalu, klik  “Checkout” dan lakukan konfirmasi pembayaran .
  8. NFT yang telah berhasil di beli, akan secara otomatis tersimpan sebagai aset investasi. Anda bisa menjualnya saat harga NFT tersebut tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.