Canggih! Dukung Klub Sepak Bola Bisa Pakai Tiket NFT!


Tiket NFT Liga 1 ini membuka peluang luas bagi fans untuk memberikan dukungan

Situasi pandemi mendorong berbagai klub sepak bola tanah air untuk cermat mengatur strategi agar dapat menjaga keberlangsungan klub dan terus menghidupi pemain. Dengan pertandingan sepak bola yang kini berlangsung tanpa penonton di stadion, dukungan fans bagi klub favorit mereka semakin krusial untuk dapat difasilitasi.


Melansir dari siaran resminya, Rabu (02/03) LOKET, perusahaan penyedia teknologi event dan entertainment bagian dari Gojek, bersama dengan PT Liga Indonesia Baru sebagai operator resmi BRI Liga 1 2021/2022, serta Moflip, perusahaan teknologi Web 3.0 asal Indonesia, berkolaborasi dalam hadirkan inovasi penjualan tiket dalam bentuk Non Fungible Token (NFT) pertama di sektor sepak bola.


Baca Juga: Penggemar NFT Semakin Meluas, DPR Minta Negara Cepat Buar Regulasi


Disebutkan bahwa kehadiran Tiket NFT Liga 1 ini membuka peluang yang sangat luas bagi para fans untuk memberikan dukungan lebih jauh bagi klub bola favorit mereka baik secara moril maupun finansial. Selain itu, Tiket NFT Liga 1 membuka kesempatan fans untuk memperoleh reward atau akses khusus yang bersifat eksklusif serta unik dan tidak dapat tergantikan (non-fungible).


Seperti diketahui, pertandingan Liga 1 BRI pada musim 2021/2022 telah berlangsung sejak 27 Agustus 2021 dengan sistem tanpa penonton di lokasi. Tetapi, penonton terus dapat mendukung klub favorit mereka dari rumah secara aman melalui siaran pertandingan secara langsung melalui televisi maupun livestreaming yang telah mendapatkan hak siar. Tercatat, Liga 1 memiliki 18 klub sepak bola profesional yang bersaing untuk menjadi juara. 


Head of LOKET, Bagus Utama menjelaskan setelah menjadi yang terdepan mendorong industri hiburan dan event creator beradaptasi dengan virtual event, kini LOKET mendorong keberlanjutan industri sepak bola melalui akses pendapatan tambahan bagi para klub bola yang tergabung dalam Liga 1.


“Teknologi ticketing dari LOKET bersama Moflip dapat mentransformasi tiket event menjadi sebuah digital asset yang menjadi sarana berinteraksi baru para fans. Kami sangat bangga dapat mendukung BRI Liga 1 beserta 18 klub di dalamnya agar para klub terus dapat terkoneksi dengan para fansnya dan terus bertanding dengan maksimal menghibur masyarakat di rumah,” katanya.


Baca Juga: Digital Asset Academy Resmikan IDCEX 2022 dan Luncurkan Platform Relictum NFT Indonesia


Agar bisa berpartisipasi, fans sepak bola hanya perlu melakukan registrasi pada liga1.tiketnft.com yang terintegrasi dengan teknologi ticketing LOKET. Masyarakat kemudian dapat mengecek jadwal pertandingan tim favorit sesuai jadwal resmi BRI Liga 1, karena tiket pertandingan antar klub dalam bentuk NFT ini hanya tersedia secara terbatas pada tiap hari pertandingan.



Setelah memilih Tiket NFT yang diinginkan dan memilih klub favorit, fans hanya perlu melengkapi form dan menyelesaikan pembayaran. Pembayaran menggunakan Rupiah dengan metode pembayaran GoPay dan QRIS, transfer bank, hingga kartu kredit/debit. Tiket NFT Liga 1 akan dapat diakses pada website liga1.tiketnft.com setelah status pembayaran telah selesai.


Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita menjelaskan kesehatan dan keamanan para pemain, pelatih, penyelenggara pertandingan dan tentunya penonton adalah nomor 1 baginya dalam mendukung talenta sepak bola nasional. Untuk itu, BRI Liga 1 telah berlangsung hampir satu tahun dengan aman dan tetap meriah walau tanpa penonton di lokasi. Memasuki akhir musim ini, inisiatif Tiket NFT Liga 1 dengan dukungan ticketing LOKET yang selama ini teruji dalam berbagai acara olahraga, tentunya menjadi semangat baru.


Baca Juga: NFT Kian Populer, Rata-rata Transfer Harian Tinggi dan Meningkat 600% Sejak Juli!


“Kedepannya fans yang memiliki Tiket NFT Liga 1 ini berkesempatan dapat menikmati program-program eksklusif dan menarik yang sedang direncanakan oleh BRI Liga 1. Kami juga berharap inovasi ini dapat mendorong sense of ownership para fans bagi Liga 1 dan klub-klub yang berada didalamnya sebab sepak bola adalah milik semua masyarakat. Maju terus sepak bola Indonesia!” serunya.


Selama periode Seri 5 BRI Liga 1 yang berlangsung mulai 5 Maret 2022, terdapat beberapa Tiket NFT Liga 1 yang dapat dibeli dan dikoleksi oleh masyarakat. Beberapa diantaranya:

  1. Pembelian secara langsung: Match’s Ticket NFT. Tiket NFT pertandingan ditawarkan dalam 3 kategori, VVIP (kategori Rare), VIP (kategori Uncommon) dan Tribun (kategori Common) dan bersifat terbatas pada hari pertandingan. Setelah pembelian tiap Tiket NFT, fans akan mendapatkan fans point yang akan diakumulasi hingga akhir season, dimana perolehan fans point akan menentukan rewards khusus yang dapat diperoleh secara eksklusif oleh fans.
  2. Bonus: Match’s Moment NFT (Kategori: Rare). Bersifat terbatas, Tiket NFT ini akan diberikan pada fans sebagai bonus untuk pemilik kategori tertentu dari Match’s Ticket NFT.
  3. Rewards:

  • Power Team NFT (Kategori: Rare). Akan diberikan kepada fans dari klub yang berhasil meraih posisi 1 pada klasemen Power Team yang dapat dilihat pada liga1.tiketnft.com. Posisi klub pada klasemen Power Team ini ditentukan dari banyaknya fans yang memilih klub tersebut ketika membeli Match’s Ticket NFT.
  • Champion NFT (Kategori: Rare). Akan diberikan kepada fans yang memilih klub yang nantinya menjadi pemenang BRI Liga 1 pada akhir musim.
  • Super Fans NFT (Kategori: Super Rare). Akan diberikan kepada sekelompok fans yang memiliki fans point terbanyak. Fans juga akan memperoleh jersey klub.
  • Ultra Fans NFT (Kategori: Epic). Hanya dapat diperoleh fans yang memiliki fans point terbanyak dibandingkan fans lainnya. Selain itu, fans berkesempatan memperoleh akses  eksklusif bersama klub favorit.


CEO & Co-Founder Moflip, Joseph Bima Jenie menambahkan, era Web 3.0 melalui teknologi seperti blockchain dan aplikasinya seperti NFT telah mentransformasi cara masyarakat mengapresiasi sebuah karya yang sifatnya eksklusif dan unik (non-fungible). Ia juga mengatakan teknologi Moflip yang diaplikasikan pada liga1.tiketnft.com telah terintegrasi dengan teknologi LOKET sebagai pionir teknologi event di Indonesia.


Baca Juga: Ternyata Gadjah Society NFT Sudah Eksis di Bandung Sebelum Ghozali Everyday


“Teknologi Tiket NFT dari Moflip dan LOKET ini telah terenkripsi secara aman namun bersifat transparan secara ownership, sehingga punya peluang penggunaan yang luas dari sisi interaksi dan gamifikasi. Kami bangga teknologi ini memiliki dampak yang nyata bagi keberlanjutan dunia olahraga maupun hiburan masyarakat selama dirumah. Untuk itu, jangan sampai ketinggalan!” tutupnya.

Disclaimer:
Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.