Mori Building “Museum Art Digital : TeamLab Borderless” merupakan sebuah museum seni digital yang terletak di Palette Town, Odaiba, Tokyo. Museum ini mengusung konsep baru kolaborasi antara Mori Building dengan TeamLab yang merupakan sebuah kelompok kreatif interdisipliner yang memanfaatkan teknologi digital untuk mengekspresikan seni. Kata “Borderless” mengungkapkan tujuan museum untuk meruntuhkan batas antara satu seni dengan lainnya, seni dengan pengunjung, dan diri sendiri dengan orang lain. Sehingga  pengunjung mencair dan bersatu ke dalam seni serta menjadi bagian dari seni tersebut.

Museum ini menjadi salah satu museum digital terbaik dengan berbagai fasilitas fantastis. Museum ini telah menampung sekitar 50 karya, baik karya lama maupun baru. Koleksi museum ini dipamerkan dalam sebuah ruangan seluas 10.000 meter persegi dengan 5 arena yang tersusun dengan rapi. Mulai dari Borderless World, Athletics Forest, Future Park, Forest of Lamps dan The En Tea house. Dari semua bagian, Borderless World merupakan bagian terbesar, sementara yang kedua adalah ruang instalasi tunggal.

Setiap karya hampir tidak memiliki batas dan menyatu dengan karya lainnya. Berikut ini lima arena yang akan membuat kamu memiliki pengalaman berbeda dalam menikmati sebuah karya seni dalam museum.

  1. Borderless World

    Via. teamLab Inc
    Via. teamLab Inc

Sesuai dengan namanya, Borderless World (Dunia Tanpa Batasan) dikelilingi oleh cahaya warna-warni dengan motif alam seperti bunga matahari dan dedaunan musim gugur. Selain itu, arena ini memiliki tembok kaca sehingga pengunjung merasa berada dalam sebuah labirin. Ketika memasuki arena ini kamu akan menemukan dirimu berada di bawah sebuah air terjun, dan bermain di atas bebatuan yang berada di tengah air terjun tersebut. Kamu akan mendapatkan sensasi seperti dalam negeri dongeng.

  1. Athletics Forest

    Via. teamLab Inc
    Via. teamLab Inc

Athletics Forest merupakan ruang kreatif fisik yang mendorong pertumbuhan hippocampus otak yang dapat melatih kesadaran spasial. Arena ini akan memberikan kamu pengalaman bermain dengan cahaya tiga dimensi. Dalam ruangan ini kamu dapat melompat tinggi dan kemudian tenggelam dalam cahaya.

3: Future Park

Via. teamLab Inc
Via. teamLab Inc

Future Park merupakan proyek pendidikan di mana  anak-anak dapat berpartisipasi untuk membuat karya seni mereka sendiri. Terdapat wahana sketsa hewan laut hitam-putih dan hewan laut ini akan mengapung di seluruh ruangan. Namun mereka akan mencoba kabur setiap kali pengunjung mencoba untuk menyentuhnya.

  1. Forest Of Lamps

    Via. teamLab Inc
    Via. teamLab Inc

Arena ini dipenuhi oleh hutan lampu yang beresonansi. Lampu akan menyala dengan terang ketika kamu dekati, kemudian kamu akan melihat simfoni  sinar lampu  yang beresonansi dengan warna  yang sangat indah. Selain itu, kamu juga bisa menikmatik perosotan dengan motif buah-buahan dan kembang api yang akan membawamu seolah tersedot ke luar angkasa.

Karena setiap dinding dilapisi oleh kaca, kamu akan merasakan sensasi ruang tanpa batasan. Lampu-lampu ini akan berganti warna secara bergantian sehingga kamu betah untuk berlama-lama di arena ini.

5. EN Tea House

Via. teamLab Inc
Via. teamLab Inc

Ketika kamu memesan secangkir teh, kamu akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Karena begitu teh dituangkan ke dalam cangkir, kamu akan melihat bunga-bunga mekar di atas permukaan teh tersebut. Kelopak bunga akan berjatuhan dan mengapung di atas meja ketika kamu menggerakkan cangkir tersebut.

Perlu diingat, ketika akan mengunjungi museum ini usahakan untuk menggunakan sepatu sneaker atau flat shoes. Karena ketika kamu memakai sepatu hak tinggi atau sandal, kamu akan dilarang untuk memasuki zona atletik. Namun, kamu dapat menyewa sepatu di lantai 4 museum ini. Dan yang paling penting, kamu tidak  dapat menggunakan tripod atau monopod di museum ini. (JU/AR)