Oleh: Putri Indahsari Tanjung

Kampanye #MudaBergerak merupakan gerakan sosial yang bertujuan menggerakkan semangat anak muda Indonesia untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar, bangsa dan Negara.

Tak dapat disangkal lagi, generasi muda adalah pewaris masa depan bangsa. Di tangan pemudalah masa depan bangsa ditentukan. Berangkat dari visi besar itu, saya selalu tertantang untuk berbuat sesuatu bagi bangsa dan Negara. Salah satunya dengan membuat campaign #MudaBergerak yang menginspirasi anak muda Indonesia untuk bergerak memberikan kontribusi sosial terhadap lingkungan sekitar agar menjadi lebih baik.

Pertanyaannya mengapa saya begitu antusias untuk membuat campaign bertujuan menggerakkan semangat anak muda Indonesia untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi Negara? Ada dua hal yang mendasari, pertama, saya sangat mengagumi kedua orang tua saya. Terlebih ibu saya Anita Ratnasari Tanjung sebagai role model. Beliau selain sebagai sosok ibu yang selalu mendukung kami anak-anaknya, juga memiliki semangat dan jiwa kepedulian sosial tinggi. Kedua, lahirnya campaign #MudaBergerak sejatinya, berangkat dari sebuah proyek film pendek pertama yang saya sutradarai sendiri berjudul “Kinetik”.

Di film ini ada tiga tokoh yang diperankan sama tiga orang. Ada Dhea Seto, Refal Hadi, juga Kenny Austin. Ketiga orang ini ceritanya digambarkan sebagai sosok orang yang sukses. Tapi, kesuksesan yang mereka miliki itu tak bisa menutupi kekosongan hati yang mereka rasakan.

Dikemas dalam cerita drama, ketiga tokoh di film itu akhirnya menemukan salah satu cara untuk mengisi kekosongan yang mereka rasakan. Yakni dengan membangun sebuah sekolah jalanan dan ketiga sahabat ini menyumbangkan ilmu yang mereka miliki pada anak-anak di sekolah tersebut. Meski hanya sekadar film, namun ada yang tak dibuat-buat dalam proses penggarapan film ini. Saya dan timnya ikut turun tangan merenovasi sekolah yang digunakan sebagai latar syuting film ini dibuat. Sekolah tersebut di lokasi yang jauh dan terpencil di wilayah Karawang, Jawa Barat.

Melalui film pendek ini, kami bertujuan untuk menginspirasi anak-anak muda di Indonesia agar dimanapun kita berada, siapapun diri kita, anak siapa pun kita, harus senantiasa terpanggil memberikan kontribusi sekecil apapun, agar bisa memberi manfaat terbaik bagi lingkungan sekitar, bangsa dan negara.

Di pundak generasi muda nasib suatu bangsa ditentukan. Dalam sejarah peradaban bangsa, pemuda merupakan aset bangsa yang sangat mahal dan tak ternilai harganya. Kemajuan atau kebangkitan bangsa banyak tergantung pada kaum mudanya sebagai agent of change (agen perubahan). Pada setiap perkembangan dan pergantian peradaban selalu lahir anak muda yang memeloporinya. Kita berharap dengan kampanye #MudaBergerak, pemuda Indonesia lebih memiliki rasa percaya diri, ketulusan, semangat perjuangan dan jati diri, terutama dalam hal wawasan kebangsaan dan patriotisme (rasa cinta tanah air).

*Kolom ini hasil wawancara Hitsss.com dengan Putri Indahsari Tanjung, Founder & CEO Creativepreneur Event Creator sekaligus penggagas #MudaBergerak.