Timnas Esports Indonesia Incar Medali Emas untuk ‘Mobile Legends’ di SEA Games 2021


TIMNAS Esports Indonesia akan mengincar medali emas untuk game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dalam SEA Games 2021 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam. Hal tersebut mengingat menjadi salah satu nomor andalan untuk mengunci gelar juara umum, menurut manajer timnas Erlangga Putra.

“Tentunya kita berharap semua mendapat medali, tapi kita juga harus realistis untuk nomor-nomor yang kita targetkan emas salah satunya di MLBB,” kata Erlangga dalam konferensi pers virtual, Kamis (24/2).

“Kita pernah menjadi juara dunia di pagelaran nomor tersebut pada 2019, dan bukan tidak mungkin untuk kita menjuarai SEA Games tahun ini. Karena saya yakin dari komposisi official yang sekarang dan benar-benar kerja keras dari PBESI, kita akan mendapatkan hasil terbaik dari nomor MLBB ini, dan bukan tidak mungkin kita mendapatkan emas,” tambahnya.

Baca juga:

Indonesia Berangkat ke SEA Games 2021 dengan Anggaran Terbatas

Timnas Esports Indonesia Siap Incar Emas Mobile Legends di SEA Games 2021
Ibnu Riza. (Foto: PBESI)

Untuk mendapatkan emas, kata Erlangga, Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) akan berfokuus pada empat aspek yang dapat menunjang prestasi, mulai dari akomodasi, perangkat, pola hidup, dan fasilitas. Sementara itu pembentukan tim yang solid juga akan diperhatikan dalam empat aspek, yakni teknik bermain, pengembalian keputusan in-game, strategi, dan pemilihan tim.

Keempat aspek ini akan dipimpin oleh pelatih dari masing-masing nomor yang dipertandingkan, yang sebelumnya diseleksi oleh Badan Tim Seleksi Nasional, baik dari attitude, skil, dan psikologis. Nantinya, para pelatih juga akan diberikan pola latihan yang disesuaikan.

“Kemudian, kemampuan setiap atlet yang sudah berada di level dunia, baik dari bakat atau motivasi. Karena bakat saja tidak cukup tanpa motivasi yang kuat untuk membela negara ini untuk bisa mendapatkan emas di SEA Games nanti,” kata Erlangga.

Baca juga:

Pelatnas Tim Esports Indonesia untuk SEA Games 2021 Resmi Dimulai

Timnas Esports Indonesia Siap Incar Emas Mobile Legends di SEA Games 2021
Deretan game yang akan dipertandingkan di SEA Games 2021. (Foto: screenshot)

Soal lawan, Erlangga mengungkapkan tuan rumah (Vietnam) menjadi lawan yang patut diwaspadai selain dari Filipina. Meski begitu, semua negara wajib diantisipasi agar pelatih dan atlet tidak lengah.

Selain MLBB, nomor Crossfire juga bisai menjadi nomor pertandingan yang bisa memberikan peluang emas. Sebab, atlet atau talent Indonesia bisa dibilang sangat mumpuni, sehingga diyakini dapat bersaing di kancah internasional.

Di sisi lain, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) juga resmi memulai Pelatnas tahap pertama mulai 1-10 Maret 2022 di Jeep Station Indonesia, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Sedangkan tahap kedua yang dilaksanakan 17 Maret hingga 30 April 2022 ini akan berfokus pada pelatihan para atlet yang dinyatakan terpilih untuk diberangkatkan ke Hanoi, Vietnam. (and)

Baca juga:

PBESI Adakan Dua Kali Pelatnas Sebelum Tanding di SEA Games 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.